Selasa, 27 Desember 2016

MAKALAH AKHLAK TASAWUF : PERBEDAAN TASAWUF SUNNI DENGAN TASAWUF FALSAFI



PERBEDAAN TASAWUF SUNNI DENGAN TASAWUF FALSAFI
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Akhlak Tasawuf

Disusun oleh ;
Nur Hayati
213-14-018



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Tujuan proses akuntansi, yang dimulai dari identifikasi kejadian dan transaksi hingga penyajian dalam laporan keuangan, memerlukan sebuah kerangka dasar penyususnan dan penyajian laporan keuangan. Kerangka dasar atau kerangka konseptual akuntansi, adalah suatu sistem yang melekat dengan tujuan-tujuan serta sifat dasar yang mengarah pada standard yang konsisten dan terdiri atas sifat, fungsi dan batasan dari akuntansi keuangan dan laporan keuangan.
Kerangaka doperlukan agar dihasilkan standardan aturan yang kohoren, yang disusun atas dasar yang sama sehingga menambah pengertian dan kepercayaan para pengguna laporan keuangan, serta dapat dibandingkan di antara perusahaan yang berbeda atau periode yang berbeda. Selain itu, kerangka juga daoat digunakan untuk mencari solusi atas berbagai masalah praktis yang muncul sesuai dengan perkembangannyabisnis dan lingkunagn.
Telah banayak penelitian di bidang akuntansi, baik muslim maupun non muslim yang menelaah teori maupun penelitian tentang tujuan maupun kerrangka dasar atas laporan keuangan syari’ah. Misalnya AAOIFI sebagai organisasi yang menegmbangkan  akuntansi dan auditing bagi lembaga keuanagan syari’ah ditingkat dunia, telah menegeluarkan pernyataan akuntansi No. 1 dan No. 2 tentanag tujuan akuntansi keuanagan dan konsep akuntansi keuanagan untuk bank dan lembaga keuanagan syari’ah.

B. Rumusan Masalah
1. Apa tujuan kerangka dasar ?
2. Bagaimana asas transaksi menurut Syar’ah ?
3. Bagaimana bentuk laporan keuanagan ?
4. Apa tujuan laporan keuanagan ?
5. Seperti apakah unsur-unsur laporan keuangan ?

C. Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui tujuan kerangka dasar.
2. Mengetahui cara transaksi secara syari’ah.
3. Mengetahui bentuk laporan keuangan.
4. Untuk mengetahui laporan keuangan.
5. Agar memahami unsur-unsur yang terdapat dalam laporan keuangan.


BAB II
PEMBAHASAN

A. KEARANGKA DASAR PENYUSUNAN DAN  PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN SYARI’AH (PSAK).

1. Tujuan Kerangka Dasar
Tujuan kerangka dasar ini menyajikan konsep yang mendasari penyusunan dan penyajian laporan keuangan bagi para penggunanya. Kerangka ini berlaku untuk semua jenis transakasi syari’ah yang dilaporkan oleh entitas syari’ah maupun entitas konvensional baik sektor publik maupun sektor swasta. Tujuan kerangka dasar ini adalah untuk digunakan sebagai acuan bagi: 
1. Penyusun standar akuntansi keuangan syari’ah, dalam pelaksanaan tugasnya;
2. Penyusunan laporan keuangan, untuk menanggulangi masalah akuntansi syaria’ah yang belm diatur dalam standar akuntansi keuangan syari’ah;
3. Auditor, dalam memberikan pendapat mengenai apakah laporan keuangan disusun sesuai dengan prinsip akuntansi keuangan syari’ah;
4. Para pemakai laporan keuangan, dalam menafsirkan informasi yang disajikan dalam laporan keuangan yang disusun sesuai dengan standar akuntansi keuangan syari’ah;

2. Pemakai dan Kebutuhan Informasi
Pemakai laporan keuangan meliputi:
1. Investor sekarang dan investor potensial, hal ini karena mereka harus memutuskan apakah akan membeli, menahan atau menjual investasi atau penerima deviden;
2. Pemilik dana qardh, untuk mengetahui apakah dana qardh dapat dibayar pada saat jatuh tempo;
3. Pemilik dana syirkah temporer, untuk penganmbilan keputusan pada investasi yang memberikan tingkat pengambilan yang bersaing dan aman;
4. Pemilik dan titipan, untuk memastikan bahwa titipan dana dapat diambil setiap saat;
5. Pembayar dan penerima zakat, infak, sedekah, dan wakaf, untuk informasi tentang sumber dan penyaluran dana tersebut;
6. Pengawas syari’ah, untuk menilai kepatuhan pengelolaan lembaga syari’ah terhadap prinsip syari’ah;
7. Karyawan, untuk memperoleh informasi tentang stabilitas dan profitabilitas entitas syari’ah;
8. Pemasok dan mitra usaha lainnya, untuk memperoleh informasi tentang kemampuan entitas membayar utang pada saat jatuh tempo;
9. Pelanggan, untuk memperoleh informasi tentang kelangsungan hidup entitas syari’ah;
10. Pemerintah serta lembaga-lembaganya, untuk memperoleh informasi tentang aktivitas entitas syari’ah, perpajakan serta kepentingan nasional lainnya;
11. Masyarakat, untuk memperoleh informasi tentang kontribusi entitas terhadap masyarakat dan negara.

3. Pradigma Transaksi Syari’ah
Transaksi syari’ah didasarkan pada pradigma dasar bahwa alam semesta diciptakan oleh Tuhan sebagai amanah (kepercayaan ilahi) dan sarana kebahagian hidup bagi seluruh umat manusia untuk mencapai kesejahteraan hakiki secara material dan spiritual (al-falah). Substansinya adalah bahwa setiap aktivitas umat manusia memilii akuntabilitas dan nilai ilahiah yang menempatkan perangkat syari’ah dan akahlaq sebagai parameter baik dan buruk, benar dan salahnya aktivitas usaha. Dengan cara ini, akan terbentuk integritas yang akhirnya akan membentuk karakter tata kelola yang baik (good governance) dan disiplin pasar (market discipline) yang baik. 

4 Asas Transaksi Syari’ah
Transaksi syari’ah berdasarkan pada prinsip berikut:
1. Persaudaraan (ukhuwah), yang berarti bahwa transaksi syari’ah menjunjung tinggi nilai kebersamaan dalam memperoleh manfaat, sehingga seseorang tidak boleh mendapatkan keuntungan di atas kerugian orang lain. Prinsip ini didasarkan atas prinsip saling mengenal (ta’aruf, saling memahami (tafahum), saling menolong (ta’awun, saling menjamin (takaful), saling berisinergi dan saling beraliansi (tahaluf).
2. Keadilan, yang berarti selalu menempatkan sesuatu hanya pada waktu yang berhak dan sesuai dengan posisinya. Realisasi prinsip ini dalam bingkai aturan muamalah adalah melarang adanya unsur berikut ini.
· Riba/bunga
· Kezaliman 
· Judi atau bersikap speklatif
· Unsur ketidakjelasan
· Haram
3. Kemaslahatan (maslahah), yaitu segala bentuk kebaikan dan manfaat yang berdimensi duniawi dan ukhrowi, material dan spiritual, serta individual dan kolektif. Kemaslahatan harus memenuhi dua unsur yaitu: halal (patuh terhadao ketentuan syari’ah) dan thayib (membawa kebaikan dan bermanfaat). Transaksi syari’ah yang dianggap bermaslahat harus memenuhi keseluruhan unsur-unsur yang menjadi ketetapan syari’ah (maqasid syari’ah) yaitu berupa pemeliharaan agama, intelektual (aql), keturunan (nasl), jiwa dan keselamatan (nafs) serta harta benda (mal).
4. Keseimbangan (tawazun), yaitu keseimbangan antara aspek material dan spiritual, antara privat dan publik, antara sektor keuangan dan sektor rii, antara bisnis dan sosial serta anatara aspek pemanfaatan dan pelestarian. Transaksi syari’ah tidak hanya memperhatikan kepentingan pemilik semata tetapi memperhatikan kepentingan semua pihak sehingga dapat merasakan manfaat adanya suatu kegiatan ekonomi tersebut.
5. Uninversalisme (syumuliyah), di mana esensinya dapat dilakukan oleh, dengan untuk semua pihak yang berkepentingan tanpa memebedakan suku, agama, ras, dan golongan sesuai dengan semangat kerahmatan semesta (rahmatan lil a’lamin).

5. Karakteristik Transaksi syari’ah
Implementasi transaksi yang sesuai dengan pradigma dan asas transaksi syari’ah harus memenuhi karakteristik dan persyaratan anatara lain:
1. Transaksi hanya dilakukan berdasarkan prinsip saling  paham dan saling ridho;
2. Prinsip kebebasan bertransaksi diakui sepanjang obyeknya halal dan baik (thayib);
3. Uang hanya berfungsi sebagai alat tukar  dan satuan pengukur nilai, bukan sebagai komooditas;
4. Tidak mengandung unsur riba;
5. Tidak mengandung unsur kezaliman;
6. Tidak mengandung maysir;
7. Tidak mengandung unsur gharar;
8. Tidak mengandung unsur haram;
9. Tidak menganut prinsip nilai waktu dari uang ( time value of money) karena keuntungan yang didapat dalam kegiatan usaha terkait dengan resiko yang melekat pada kegiatan  usaha tersebut;
10. Transaksi dilakukan berdasarkan suatu perjanijian yang jelas dan benar; 
11. Tidak ada distoris harga;
12. Tidak mengandung kolusi;

6. Tujuan Laporan Keuangan
Tujuan laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi, menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu entitas syari’ah yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomik. Beberapa tujuan lainnya adalah sebagai berikut:
Ø Meningkatkan kepatuhan terhadap prinsip syari’ah dalam semua transaksi dan kegitan usaha;
Ø Informasi kepatuhan entitas syari’ah terhadap prinsip syari’ah, serta informasi aset, liabilitas, pendapatan, dan beban yang tidak sesuai dengan prinsip syari’ah bila ada dan bagaimana perolehan dan  penggunannya;
Ø Informasi untuk membantu mengevaluasi pemenuhan tangung jawab entitas syari’ah terhadap amanah dalam mengamankan dana, menginvestasikannya pada tingkat keuntungan yang layak;
Ø Informasi mengenai tingkat keuntungan investasi yang diperoleh penanam modal dan pemilik dana syirkah temporer; dan informasi mengenai pemenuhan kewajiban (obligation) fungsi sosial entitas syari’ah termasuk pengelolaan dan penyaluran zakat, sedekah, dan wakaf;
Laporan keuangan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bersama sebagai pengguna laporan keuangan, serta dapat digunakan sebagai bentuk laporan dan pertanggunjawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya.

7. Bentuk Laporan Keuangan
Laporan keuanagan entitas syari’ah terdiri atas berikut ini:
1. Posisi Keuanagan Entitas Syari’ah, disajikan sebagai neraca. Laporan ini menyajikan informasi tentang sumber daya yang dikendalikan, struktur keuangan, serta kemampuan beradaptasi terhadao perubahan lingkungan. Laporan ini berguna untuk memprediksi kemampuan perusahaan di masa yang akan datang.
2. Informasi Kinerja Entitas Syari’ah, disajikan dalam laporan laba rugi. Laporan ini diperlukan untuk menilai perubahan potensial sumber daya ekonomi yang mungkin dikendalikan  di masa depan.
3. Informasi Perubahan Posisi Keuanagan Entitas Syari’ah, yang dapat disususn berdasarkan definisi dana seperti seluruh sumber daya keuangan, modal kerja, aset likuid atau kas. Kerangka ini tidak mendefinisikan dana secara spesifik. Akan tetapi, melalui laporan ini dapat diketahui aktivitas investasi, pendanaan dan operasi selama periode pelaporan.
4. Informasi Lain, seperti laporan penjelasan tentang pemenuhan  fungsi sosial entitas syari’ah. Merupakan informasi yang tidak diatur secara khusus tetapi relevan bagi pengambilan keputusan sebagaian besar pengguna laporan keuanagan.
5. Catatan dan Skedul Tamabahan, merupakan penampung dari informasi tamabahan yang relevan termasuk pengungkapan tentang resiko dan ketidakpastian yang memengaruhi entitas. Informasi tentang segmen industri dan geografi serta pengaruh harga terhadap entitas juga dapat disajikan.

8. Asumsi Dasar
Dasar akrual
Laporan keuangan disajikan atas dasar akrual, maksudnya bahwa pengaruh transaksi dan peristiwa lain diakui pada saat kejadian (dan bukan pada saat kas atau setara kas diterima atau dibayar) dan diungkapkan dalam catatn akuntansi serta dilaporkan dalam laporan keuangan pada periode bersangkutan.
Laporan keuangan yang disusun atas dasar akrual memberikan informasi kepada pemakai tidak hanya transaksi masa lalu yang melibatkan penerimaan dan pembayaran kas tetapi juga kewajiban pembayaran kas di masa depan serta sumber daya yang merepresentasikan kas yang akan diterima di masa depan.
Namun, dalam perhitungan pendapatan untuk tujuan pembagian hasil usaha menggunakan dasar kas. Hal ini disebabkan bahwa prinsip pembagian hasil usaha berdasarkan bagi hasil, pendapatan atau hasil yang dimaksud adalah keuntungan bruto (gross profit).
Kelangsungan Usaha
Laporan keuangan biasanya disusun atas dasar asumsi kelangsungan usaha entitas syari’ah yang akan melanjutkan usahanya di masa depan. Oleh karena itu, entitas syari’ah diasumsikan tidak bermaksud atau berkeinginan meliukuiditas atau mengurangi secara material skala usahanya. Jika maksud atau keinginan tersebut timbul, laporan keuangan mungkin harus disusun dengan dasar yang berbeda dan dasar yang digunakan harus diungkapkan.

9. Karakteristik Kualitatif Keuangan
Karakteristik kualitatif merupakan ciri khas yang membuat informasi dalam laporan keberguna bagi pemakai. Terdapat empat karakteristik kualitatif pokok, yaitu: dapat dipahami, relevan, keandalan, dan dapat diperbandingkan.
Dapat dipahami
Kualitas penting informasi yang ditampung dalam laporan keuangan adalah kemudahannya untuk segera dipahami oleh pemakai. Untuk maksud ini, pemakai diasusmsikan memiliki pengetahuan yang memadai tentang aktivitas ekonomi dan bisnis, akuntansi, serta kemampuan untuk mempelajari dengan ketekunan yang wajar. Namun demikian, iformasi kompleks yang seharusnya dimasukkan dalam laporan keuangan tidak dapat dikeluarkan hanya atas dasar pertimbangan bahwa informasi tersebut terlalu sulit untuk dipahami oleh pemakai tertentu.
Relevan
Agar bermanfaat, informasi harus relevan untuk memenuhi kebutuhan pemakai dalam proses pengambilan keputusan. 
Keandalan 
Andal diartikan sebagai bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material, dan dapat diandalkan pemakainya sebagai penyajian yang tulus dan jujur dari yang seharusnya disajikan atau yang secara wajar diharapkan dapat disajikan.
Agar dapat diandalkan maka informasi harus memenuhi hal sebagai berikut:
a) Menggambarkan dengan jujur transaksi (penyajian jujur) serta peristiwa lainnya yang seharusnya disajikan atau yang secara wajar dapat diharapkan untuk disajikan.
b) Dicatat dan disajikan sesuai dengan subsatansi dan realitas ekonomi yang sesuai dengan prinsip syari’ah dan bukan hanya bentuk hukumnya (substansi mengungguli bentuk).
c) Harus diarahkan untuk kebutuhan umum pemakai dan bukan pihak tertentu saja (netral).
d) Didasarkan atas pertimbangan yang sehat dalam hal menghadapi tidakpastian peristiwa dan keadaan tertentu. Pertimbangan ini mengandung unsur kehati-hatian pada saat melakukan perkiraan atas ketidakpastian tersebut.
e) Lengkap dalam batasan materialistis dan biaya.
Dapat dibandingakan
Pemakai harus dapat membandingkan laporan keuangan entitas syari’ah antara periode untuk mengidentifikasi kecendrungan (trend) posisi kinerja keuangan. Pemakai juga harus dapat membandingkan laporan keuangan antar-entitas syri’ah untuk mengevaluasi posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan secara relatif.

10. Kendala Informasi  yang Relevan dan Andal
Kendala informasi yang relevan dan andal dapat terdapat dalam hal sebagai berikut:
A. Tepat Waktu
Jika terdapat penundaan yang tidak semestinya dalam pelaporan, maka informasi yang dihasilkan akan kehilangan relavansinya. Manajemen mungkin perlu menyeimbangkan manfaat relatif antara pelaporan teopat waktu dan informasi ketentuan handal. Dalam usaha mencapai keseimbangan antara relavansi dan keandalan, kebutuhan pengambilan keputusan merupakan pertimbangan yang menentukan. 
B. Keseimbangan antara biaya dan Manfaat
Keseimbangan antara biaya dan manfaat lebih merupakan suatu kendala yang dapat terjadi  dari suatu karakteristik kualitatif. Manfaat yang dihasilkan informasi seharusnya melebihi biaya penyusunannya. Namun demikian, secara substansi, evaluasi biaya dan manfaat merupakan suatu proses pertimbanagan. Biaya tidak harus dipikul oleh mereka yang menikmati manfaat. Manffat mungkin juga dinikmati oleh pemakai lain di sampinng oleh mereka yang menjadi tujuan (target) penyampain informasi.

11. Unsur-Unsur Laporan Keuangan
Sesuai karakteristik, laporan keuangna entitas syari’ah, antara lain meliputi:
1. Komponen laporan keuangan yang mencerminkan kegiatan komersial yang terdiri atas laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan arus kas, serta laporan 
perubahan ekuittas.
Posisi Keuangan 
Unsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah aset, kewajiban, dan syirkah temporer dan ekuitas. Pos-pos ini didenifisikan sebagai berikut;
§ Aset
§ Kewajiban 
§ Dana syirkah temporer
§ Ekuitas
Kinerja
Unsur yang  kelnagsungan berkaitan dengan penguuran penghasilan bersih (laba) adalah penghasilan dan beban. Unsur penghasilan dan beban didenifisikan berikut ini:
§ Penghasilan
§ Beban
§ Hak pihak ketiga
2. Komponen laporan keuangan yang mencerminkan kegiatan sosial, meliputi laporan sumber dan pengguna dana zakat serta laporan sumber dan pengguna dan kebajikan.
3. Komponen laporan keuanagan lainnya yang mencerminkan kegiatan dan tanggung jawab khusus entitas syari’ah tersebut.

12. Pengukuran Unsur Laporan Keuangan
Sejumlah dasar pengukuran yang berbeda digunakan dalam derajat dan kombinasi yang berbeda dalam laporan keuangan. Berbagai dasar pengukuran tersebut adalah sebagai berikut:
· Biaya historis (historical cost)
Aset dicatat sebesar pengeluaran kas (atau setara kas) yang dibayar atau sebesar nilai wajar dari imbalan (consideration) yang diberikan untuk memperoleh aset tersebut pada saat perolehan.
· Biaya kini (current cost)
Aset dinilai dalam jumlah kas (atau setara kas) yang seharusnya dibayar bila aset yang sama atau setara aset diperoleh sekarang.
· Nilai realisasi/penyelesaian (realizable/settlement value)
Aset dinyatakan dalam jumlah kas (atau setara kas) yang dapat diperoleh sekrang dengan menjual aset dalam pelepasan normal (ordely disposal).

B. KERANGKA DASAR AKUNTANSI MENURUT AAOIFI DAN PEMIKIR ISLAM

1. Tujuan Akuntansi Keuanagan dan Laporan Keuangan
Kerangka dasar akuntansi didasari merupakan hal penting, untuk itu, AAOIFI telah mengeluarkan pernyataan No. 1 dan NO. 2. Manfaat dengan ditentukannya tujuan akuntansi keuangan untuk lembaga keuangan syari’ah menurt AAOIFI yaitu sebgai berikut:
1. Dapat digunakan sebagai panduan bagi dewan standar untuk menghasilkan standar yang konsisten.
2. Tujuan akan membantu bank dan lembaga keuanagan syari’ah.
3. Tujuan akan membantu untuk membantu manajemen dalam membuat pertimbangan.
4. Tujuan jika diungkapakan dengan baik.
5. Penetapan tujuan yang mendukung penyususnan standar akuntansi yang konsisiten.

2. Prinsip dasar dalam ekonomi islam menurut Ibnu Al-A’rabi adalah sebagai berikut:
1. Tidak boleh adanya bunga dan perdagangan tersebut adalah halal.
2. Tidak boleh dilakukan secara tidak adil.
3. Tidak boleh memasukan yang masih mutasyabih.
4. Harus mempertimbangkan Al-Maqasid dan Al-Masalih.

3. Syarat Kualitatif Laporan Keuangan menurut AAOIFI
Relevan. Syarat ini berhubungan dengan proses pengambilan keputusan sebagai alasan utama disusunnya laporan keuangan.
Dapat diandalkan. Syarat ini berhubungan dengan tingkat keandalan informasi yang dihasilkan.
Dapat dibandingkan. Informasi keuanagan dapat dibandingkan antara lembaga keuangan syari’ah dan diantara dua periode akuntansi yang berbeda bagi lembaga keuanagan yang sama.
Konsisten. Metode yang akan digunakan utntuk perhitungan dan pengungkapan akuntansi yang sama untuk dua periode penyaji laporn keuangan.
Dapat dimengerti. Informasi yang disajikan dapat dimengerti dengan mudah bagi rata-rata pengguna laporan keuangan.


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
PSAK yang dikeluarkan oleh DSAK IAI merupakan kerangka dasar yang lengkap, karena mencakup tidak hanya tentang akuntansi keuanagan dan pelapornya, namun juga seluruh aspek fikih atas transaksi yang sesuai dengan syari’ah. Selain itu pula PSAK syari'ah ini mencakup perusahaan di seluruh industri yang melkukan trnasaksi syari’ah dan tidak terbatas hanya untuk lembaga keuanagan syari’ah seperti standar AAOIFI.
Pemikiran menegenai akuntansi syari’ah masih terus berkembang dan salah satu bentuk laporan keuangan yang diusulkan adalah neraca dengan menggunakan current value dan laporan nilai tambah. Kajian tersebut masih terus didalmi oeleh para ahli di bidang ilmu akuntansi.


DAFTAR PUSTAKA 

AAOIFI, 1998. Financial accounting standard No. 9, Zakah
Adnan, M.A dan michael Gafikhin. 1997 The syari’ah, Islamic Banks and Accounting Concepts and Practices. The accounting. Commere and Finance. The islamic Perspective International Conference I...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar