Senin, 19 Desember 2016

MAKALAH TENTANG JIHAD, BOM BUNUH DIRI, DAN TERORISME DALAM PANDANGAN ISL


JIHAD, BOM BUNUH DIRI, DAN TERORISME 
DALAM PANDANGAN ISLAM
Disusun untuk memenuhi tugas 
Mata Kuliah Masail Fiqhiyah
     Dosen pengampu: Erkham Maskuri, L.C., M. Si.
    
Disusun Oleh:
Nur Hayati (213-14-018)

PERBANKAN SYARIAH S1
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA
2016

BAB I

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 
Salah satu ajaran agama islam yang lansung ditunjukan Allah SWT melalui Al- Qur’an adalah ajaran tentang jihad. Pembahasan tentang jihad ini cukup banyak mendapat respon dari hadist Rasulullah dan ijtihad para ulama’. Dalam ilmu-ilmu Islam lainya yang banyak terlibat dengan pembahasan ajaran ini antara lain, ilmu fiqih, filsafat, dan tasawuf. Masing - masing membahas tentang jihad sesuai dengan kecenderungannya. 
Dalam fiqh, ajaran jihad mendapat perahatian khusus dari para fuqaha’. Hampir dalam pemabahsan fiqh di temukan pembahasan tentang jihad secara rinci. Dan banyak pula dari kita (orang awam) mengenal  akan jihad tersebut, sehingga menyebabkan banyak perbedaan pandangan akan arti jihad. Identik dengan sifat dan pemikiran manusia yang berbeda-beda sehingga terjadi kesenjangan fikir, ada yang berfikir ekstrim, ada yang sedangsedang, ada pula yang lembut. Inilah penyebab terjadinya atau terbentuknya terorisme yang banyak kita ketahui di beberapa tempat di Indonesia khususnya, dan terorisme ini menjadi bahan topik   yang sangat menggemparkan di seluruh dunia, dengan  embel-embel menegak kan ajaran Islam mereka rela membunuh orang lain yang tidak bersalah dengan mengebom diri sendiri di suatu tempat yang ramai orang, 
Menurut Azyumardi Azra, hampir bisa dipastikan istilah jihad merupakan salah  satu konsepsi Islam yang paling sering di salahfahami. Khususnya di kalangan para ahli dan pengamat barat. Ketika istilah ini disebut, citra yang muncul di kalangan barat adalah lascar muslim yang menyerbu di beragai wilayah di timur tengah atau tempattempat lain yakni memaksa orang-orang non-muslim memeluk Islam. 
Melekatnya citra jihad sebagai perang, menyerbu, dan memaksa orang-orang non muslim masuk islam dengan kontrofarsi fisik atau dengan cara-cara militer dan kekerasan, pada akhirnya dapat mereduksi dan mengabaiakn prinsipprinsip perdamaian dalam agama Islam. Selain upaya-upaya reduksi pemahaman jihad di atas, dalam intern umat Islam sendiri jihad memang lebih dominan di pahami sebagai solusi legal untuk menyerang orang-orang yang ada di luar wilayah Islam. Disinilah letak dari adanya terorisme dan bom bunuh diri yang akhir – akhir ini merajalela di dunia. Disini akan dibahas tentang jihad yang sebenarnya dengan jihad politik yang menjadikan adanya terorisme dan bom bunuh diri.

B. Rumusan Masalah 
Dari latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1. Apa  yang dimaksud dengan jihad, bom bunuh, dan terorisme?
2. Bagaimana pendapat para ulama’ mengenai jihad, terorisme, dan bom bunuh diri?
3. Bagaimana pandangan Islam dengan adanya terorisme dan bom bunuh diri?

C. Tujuan Masalah 
Tujuan penulisan dari makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui apa itu jihad, terorisme, dan bom bunuh diri.
2. Untuk mengetahui pendapat para ulama’ tentang jihad, terorisme, dan bom bunuh diri.
3. Untuk mengetahui pandangan Islam tentang adanya terorisme dan bom bunuh diri


BAB II
PEMBAHASAN

A. Jihad
1. Pengertian Jihad 
Secara etimologi kata jihad berasal dari bahasa Arab, kata jihad diambil dari kata dasar “جـهـد”, yang bermakna “al-juhd” (kesulitan) atau “al-jahd” (tenaga atau kemampuan). Jihad secara bahasa berarti mengerahkan dan mencurahkan segala kemampuannya baik berupa perkataan maupun perbuatan. Dan secara istilah syari’ah berarti seorang muslim mengerahkan dan mencurahkan segala kemampuannya untuk memperjuangkan dan menegakkan Islam demi mencapai ridha Allah SWT. Oleh karena itu kata-kata jihad selalu diiringi dengan fi sabilillah untuk menunjukkan bahwa jihad yang dilakukan umat Islam harus sesuai dengan ajaran Islam agar mendapat keridhaan Allah SWT. Imam Syahid Hasan Al-Banna berkata, “Yang saya maksud dengan jihad adalah suatu kewajiban sampai hari kiamat dan apa yang dikandung dari sabda Rasulullah saw,” Siapa yang mati, sedangkan ia tidak berjuang atau belum berniat berjuang, maka ia mati dalam keadaan jahiliyah”.
Adapun urutan yang paling bawah dari jihad adalah ingkar hati, dan yang paling tinggi perang mengangkat senjata di jalan Allah. Di antara itu ada jihad lisan, pena, tangan dan berkata benar di hadapan penguasa tiran. Dan jihad ini diwajibkan kepada laki-laki yang baligh, berakal, sehat badannya dan mampu melaksanakan jihad. Dan ia tidak diwajibkan atas anak-anak, hamba sahaya, perempuan, orang pincang, orang lumpuh, orang buta, orang kudung, dan orang sakit. 
Dari uraian di atas dari kata juhd ,jihad berarti kemampuan. Karena jihad menuntut kemampuan dan harus dilakukan sebesar kemampuan seseorang. Dari kata juhd tersusun ungkapan jahidabialrajul, yang artinya “seseorang sedang menjalani atau mengalami ujian.” Jadi, kata jihad di sini mengandung makna ujian dan cobaan, karena jihad merupakan ujian dan cobaan terhadap kualitas seseorang. Jihad berarti kemampuan yang menuntut seorang mujahid mengeluarkan segala daya dan kemampuannya demi mencapai tujuan.Karena itu jihad adalah pengorbanan, karena itu seorang mujahid tidak menuntut atau mengambil, tetapi memberi semua yang dimilikinya. Ketika memberi, dia tidak berhenti sebelum tujuannya tercapai atau yang dimilikinya habis.
Tegasnya, kualitas seseorang sangat ditentukan kualitas ujian yang berhasil dia jalani dan cobaan yang sukses dilewatinya. Semakin berat ujian dan cobaan yang mampu dia lewati akansemakin tinggi kualitasnya. Kesuksesannya dalam menjalani ujian dan cobaan itu sangat ditentukan pula oleh kemampuan yang dimilikinya, baik kemampuan fisik, intelektual, maupun rohani.Mustahil seseorang berhasil melewati ujian dan cobaan tanpa dibekali kemampuan tersebut.
Para nabi dan rasul Allah mampu melaksanakan misi kenabian dan kerasulan yang diembannya karena sebelumnya mereka telah berhasil melewati ujian dan cobaan sejak kecil. Karena ujian dan cobaan yang akan mereka hadapi saat menjadi nabi dan rasul sangat berat pula. Sebagai penghargaan atas kesuksesan mereka melaksanakan tugas kenabian dan kerasulan yang berat itu, Allah mengangkat derajat mereka menjadi manusia mulia dan ditempatkan di surga yang mulia pula.
Jadi, secara etimologi, jihad berarti kesungguhan dalam mencurahkan segala kemampuan, baik kemampuan fisik, intelektual, dan rohani untuk mencapai suatu tujuan yang memerlukan kesungguhan, dan keseriusan, serta kesabaran dan ketabahan.Jihad berada dalam semua aktivitas amal kebaikan, amal ibadah minimal jihad melawan hawa nafsu yang mendorong manusia kepada kemungkaran.
Ada tiga macam tentang jihad, antara lain ialah:
1. Jihad melawan musuh yang nyata 
2. Jihad melawan syaitan
3. Jihad melawan hawa nafsu
Tiga macam jihad ini termaktub di dalam Al-Qur-an surat al-Hajj: 78, at-Taubah: 41, al-Anfaal: 72. Definisi ini mencakup setiap macam jihad yang dilaksanakan oleh seorang Muslim, yaitu meliputi ketaatannya kepada Allah Azza wa Jalla dengan melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhkanlarangan-Nya. Kesungguhan mengajak (mendakwahkan) orang lain untuk melaksanakan ketaatan, yang dekat maupun jauh, muslim atau orang kafir dan bersungguh-sungguh memerangi orang-orang kafir dalam rangka menegakkan kalimat Allah dan selain itu.

2. Dasar Hukum Jihad
Hukum jihad itu terbagi dua, yaitu fardu a'in dan fardu kifayah. Menurut Ibnul Musayyab, hukum jihad adalah fardu a'in sedangkan menurut jumhur ulama hukumnya fardu kifayah yang dalam keadaan tertentu akan berubah menjadi fardu a'in. 
a. Yang dimaksud hukum jihad fardu kifayah menurut jumhur ulama yaitu memerangi orang-orang kafir yang berada di negeri-negeri mereka.  Makna hukum jihad fardu kifayah ialah, jika sebagian kaum muslimin dalam kadar dan persediaan yang memadai, telah mengambil tanggung-jawab melaksanakannya, maka kewajiban itu terbebas dari seluruh kaum muslimin. Tetapi sebaliknya jika tidak ada yang melaksanakannya, maka kewajiban itu tetap dan tidak gugur, dan kaum muslimin semuanya berdosa. Hukum jihad adalah fardhu kifayah dengan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah yang shahih serta penjelasan ulama Ahlus Sunnah antara lain dari Al-Qur’an surat an-Nisaa’: 95-96, at-Taubah: 122, al-Muzzamil: 20, dan beberapa hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam yang shahih. Empat Imam Madzhab dan lainnya telah sepakat bahwa jihad fiisabiilillaah hukumnya adalah fardhu kifayah, apabila sebagian kaum Muslimin melaksanakannya, maka gugur (kewajiban) atas yang lainnya.  Kalau tidak ada yang melaksanakan-nya maka berdosa semuanya.
b. Para ulama menyebutkan bahwa jihad menjadi fardhu ‘ain pada tiga kondisi:
1) Apabila pasukan Muslimin dan kafirin (orang-orang kafir) bertemu dan sudah saling berhadapan di medan perang, maka tidak boleh seseorang mundur atau berbalik.
2) Apabila musuh menyerang negeri Muslim yang aman dan mengepungnya, maka wajib bagi penduduk negeri untuk keluar memerangi musuh (dalam rangka mempertahankan tanah air), kecuali wanita dan anak-anak.
3) Apabila Imam meminta satu kaum atau menentukan beberapa orang untuk berangkat perang, maka wajib berangkat. Dalilnya adalah surat at-Taubah: 38-39.
c. Bagi kaum wanita tidak ada jihad, jihad mereka adalah haji dan ‘umrah. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW dari ‘Aisyah RA, ketika beliau bertanya kepada Rasulullah SAW. Dan jihad ini diwajibkan kepada laki-laki yang baligh, berakal, sehat badannya dan mampu melaksanakan jihad. Dan ia tidak diwajibkan atas anak-anak, hamba sahaya, perempuan, orang pincang, orang lumpuh, orang buta, orang kudung, dan orang sakit.
Wahai Rasulullah, apakah kaum wanita wajib berjihad? Rasulullah SAW: ‘Ya, kaum wanita wajib berjihad (meskipun) tidak ada peperangan di dalamnya, yaitu (ibadah) haji dan umrah’.”
Adapun dalam Al-Quran :
“Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (yang tidak turut berperang) yang tidak mempunyai udzur dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta mereka dan jiwanya. Allah melebihkan orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk, satu derajat.Kepada masing-masing mereka Allah menjanjikan pahala yang baik (surga) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar. “ (QS. An-Nisaa`: 95)
Di dalam Al-Quran, jihad dalam pengertian perang ini terdiri dari 24 kata. Kewajiban jihad (perang) ini telah ditetapkan oleh Allah SWT dalam Al-Quran di dalam banyak ayatnya, misalnya: (QS an-Nisa’ 4]: 95); QS at-Taubah [9]: 41; 86, 87, 88; QS ash-Shaf [61]: 4). Bahkan jihad (perang) di jalan Allah merupakan amalan utama dan agung yang pelakunya akan meraih surga dan kenikmatan yang abadi di akhirat.misalnya: QS an-Nisaa’ [4]: 95; QS an-Nisa’ [4]: 95; QS at-Taubah [9]: 111; QS al-Anfal [8]: 74; QS al-Maidah [5]: 35; QS al-Hujurat [49]: 15; QS as-Shaff [61]: 11-12. Sebaliknya, Allah telah mencela dan mengancam orang-orang yang enggan berjihad (berperang) di jalan Allah (Lihat, misalnya: QS at-Taubah [9]: 38-39; QS al-Anfal [8]: 15-16; QS at-Taubah [9]: 24).

3. Pendapat Para Imam Madzhab Tentang Jihad
a. Menurut madzhab Hanafi, “jihad bermakna pengerahan seluruh kemampuan dan tenaga dalam berperang di jalan Allah, baik dengan jiwa, harta, lisan ataupun yang lain”.
b. Menurut Madzhab as-Syaafi’i, mendefinisikan jihad dengan “berperang di jalan Allah”.
c. Menurut Madzhab Maliki,  “jihad adalah perangnya seorang Muslim melawan orang Kafir yang tidak mempunyai perjanjian, dalam rangka menjunjung tinggi kalimat Allah SWT atau kehadirannya di sana (yaitu berperang), atau dia memasuki wilayahnya (yaitu, tanah kaum kafir) untuk berperang.”
d. Menurut Madzhab Hanbali, “ jihad tidak memiliki makna lain selain yang berhubungan dengan peperangan, atau berperang melawan kaum kafir, baik fardlu kifayah maupun fardlu ain, ataupun dalam bentuk sikap berjaga-jaga kaum Mukmin terhadap musuh, menjaga perbatasan dan celah-celah wilayah Islam.”
Dari pendapat para imam madzhab jihad bukan dilakukan dengan bunuh diri tapi “berperang di jalan Allah”, Berbeda bukan?. Jihad Bunuh diri secara pengecut dengan jihad berperang secara gagah.
Memang sebagai seorang muslim jihad merupakan satu kewajiban penting dalam Islam. 
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa mati, sedang ia tidak pernah berjihad dan tidak mempunyai keinginan untuk jihad, ia mati dalam satu cabang kemunafikan.” (Muttafaq Alaihi).
 Dari Anas bahwa Nabi SAW bersabda: “Berjihadlah melawan kaum musyrikin dengan hartamu, jiwamu dan lidahmu.” (Riwayat Ahmad dan Nasa’i. Hadits shahih menurut Hakim).
Allah pun menjanjikan surga bagi umatnya yang “berperang di jalan Allah”.
“ Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”(QS. Muhammad :7).
”Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al-Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan Itulah kemenangan yang besar.”(Q.S. At-Taubah :111)

4. Bentuk-Bentuk Jihad
Jihad sebagai salah satu wujud pengamalan ajaran Islam dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk sesuai dengan situasi dan kondisi yang dialami oleh umat Islam.Jihad tidak dikatakan jihad yang sebenarnya melainkan apabila jihad itu ditujukan untuk mencari wajah Allah, menegakkan kalimat-Nya, mengibarkan panji kebenaran, menyingkirkan kebathilan dan menyerahkan segenap jiwa raga untuk mencari keridhaanAllah.Akan tetapi bila seseorang berjihad untuk mencari dunia, maka tidak dikatakan jihad yang sebenarnya. Adapun bentuk bentuk dari jihad di antaranya:
1. Perang. 
Al-Qur’an menyatakan bahwa tujuan perang untuk menghilangkan fitnah atau kezaliman. Firman Allah SWT, “Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Baqarah [2]: 193). Tetapi perang bukan aksi terorisme, melainkan perang dalam bentuk membela dijalan Allah SWT.
2. Menyampaikan kebenaran atau mengkritik penguasa yang zalim. 
Perintah berjihad melawan pengasa yang zalim disebutkan, antara lain, sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya diantara jihad yang paling besar adalah menyampaikan kebenaran kepada penguasa yang zalim.” (HR. Tirmidzi).
3. Berbakti kepada kedua orang tua. 
Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa seseorang datang kepada Rasulullah Saw meminta izin berjihad (berperang) bersama beliau. Namun Rasulullah menyuruhnya berjihad dengan cara lain, yakni berbakti kepad kedua orang tua. Dalam al-Qur’an Allah SWT berfirman, “Hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS al-Isra’ [17]: 23).
4. Menuntut ilmu dan mengembangkan lembaga pendidikan. 
Dalam sebuah hadits dijelaskan “Orang yang datang ke masjidku ini tidak lain karena kecuali karena kebaikan yang dipelajarinya atau yang diajarkannya, maka ia sama dengan orang yang berjihad (berperang) di jalan Allah,” (HR Ibnu Majah).
5. Membantu fakir miskin. 
Bentuk jihad yang tidak kalah pentingnya adalah membantu orang miskin, peduli terhadap sesama dan menyantuni kaum fakir miskin. Sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah menjelaskan bahwa orang yang menolong dan memberikan perlindungan kepad janda dan orang miskin sama seperti orang yang melakukan jihad di jalan Allah.
6. Bekerja. 
Suatu ketika Rasulullah SAW dalam perjalanan keluar kota untuk berperang. Rasulullah SAW dan rombongan bertemu dengan pemuda kekar yang sedang mencangkul di sawah. Lantas seorang sahabat mengusulkan untuk mengajak pemuda tersebut berperang bersama Rasulullah SAW. Beliau menjawab, “Jika ia bekerja untuk menghidupi diri dan keluarganya, maka ia juga pejuang (jihad) seperti kita”.
Jihad fi Sabilillah untuk menegakkan ajaran Islam ada beberapa macam, yaitu:
1. Jihad dengan lisan, yaitu menyampaikan, mengajarkan, dan menda’wahkan ajaran Islam kepada manusia serta menjawab tuduhan sesat yang diarahkan pada Islam. Termasuk dalam jihad dengan lisan adalah, tabligh, ta’lim, da’wah, amar ma’ruf nahi mungkar dan aktifitas politik yang bertujuan menegakkan kalimat Allah.
2. Jihad dengan harta, yaitu menginfakkan harta kekayaan di jalan Allah khususnya bagi perjuangan dan peperangan untuk menegakkan kalimat Allah serta menyiapkan keluarga mujahid yang ditinggal berjihad.
3. Jihad dengan jiwa, yaitu memerangi orang kafir yang memerangi Islam dan umat Islam. Jihad ini biasa disebut dengan qital (berperang di jalan Allah) dan ungkapan jihad yang dominan disebutkan dalam al-Qur’an dan Sunnah berarti berperang di jalan Allah.


B. BOM BUNUH DIRI 
1. Pengertian Bom Bunuh Diri
Bom yaitu senjata yang bentuknya seperti peluru besar yang berisi bahan peledak untuk menimbulkan kerusakan besar. Sedangkan Bunuh diri, secara syar’i yaitu seorang yang membunuh diri dalam rangka ambisinya yang besar terhadap dunia atau keinginannya terhadap dunia atau keinginannya terhadap harta atau bunuh diri karena marah dan putus asa. Bahkan lebih dari itu, bunuh diri adalah dorongan jiwa untuk melakukan segala perbuatan keduniaan yang dapat mengakibatkan kebinasaan.
Peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di tanah air selama ini, menurut mereka, bukanlah jihad, dan karenanya para pelakukanya bukanlah syahid (martir) yang mendapatkan ganjaran surga. Sebaliknya, para pelaku bom bunuh diri itu adalah penjahat yang harus dikecam.
Dari sekian banyak pendapat, yang menarik perhatian saya adalah pandangan Achmad Junaidi Ath Thayyibi, salah seorang ketua HTI, yang mengatakan bahwa pelaku peledakan bom di Indonesia tak sesuai dengan hukum Islam, sebab aksi-aksi itu hanya menyengsarakan rakyat sipil. Menurut dia, dalam Islam, para pelaku teroris yang tertangkap harus dihukum potong tangan atau disalib untuk mempermalukan para pelakunya.
Pandangan semacam Ath Thayyibi itu penting, karena selama ini para tokoh Islam cenderung ragu-ragu dalam mengambil sikap terhadap terorisme dan bom bunuh diri. Bahkan sebagian di antara mereka tampak mendukung, khususnya jika obyek pengeboman adalah tempattempat yang dianggap musuh Islam, seperti pengeboman WTC di Amerika atau pengeboman kafe dan diskotik di Bali.

2. Hukum Bom Bunuh Diri Ditinjau Dari Hukum Islam
Dalam Islam ada istilah Jinayat, yang berarti beberapa hukum yang meliputi hukum membunuh orang, melukai, memotong, menghilangkan manfaat anggota badan, seperti menghilangkan salah satu panca indera.
a. Islam melindungi hak hidup.
Beberapa ayat Al-Qur’an menjelaskan tentang prinsip Islam terhadap hak hidup dalam hal ini, hak hidup orang lain degan melarang membunuh termasuk membunuh dirinya sendiri. Beberapa ayat-ayat tersebut sebagai berikut  :
1) Dilarang membunuh anak-anak karena takut miskin.
2) Dilarang membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan suatu alasan yang benar.
3) Membunuh seorang manusia tanpa alasan yang benar, sama dengan membunuh manusia seluruhnya.
4) Membunuh seorang mukmin dengan sengaja, balasannya jahannam.
5) Dilarang membunuh diri sendiri.
b. Bom bunuh diri pembunuhan yang direncanakan
Akibat bom bunuh diri ratusan orang telah terbunuh, terluka dan rusak serta hancurnya harta benda. Padahal mereka yang menjadi korban tersebut tidak pernah menyatakan kebencian, permusuhan terhadap Islam, umat Islam dan pemerintah Indonesia. Mereka ini adalah hamba-hamba Allah yang harus dilindungi, diayomi dan diberi perlakuan sebagaimana layaknya kehidupan sesama manusia, hidup berdampingan, saling kenal, saling berbuat baik, saling cegah keburukan. Mereka tidak boleh dilukai dan dibunuh semena-mena tanpa alasan yang syar’i, tanpa alasan hukum yang dibenarkan. Gelar apa yang patut diberikan pada kelompok teroris dan pelaku bom bunuh diri Bali II?. Orang yang menghilangkan nyawa orang lain dengan tanpa hak adalah pembunuh. Pelaku bom bunuh diri adalah nyata-nyata dengan perencanaan rapi, berniat menghilangkan nyawa orang lain, adalah pembunuhan yang disengaja dan direncanakan, yang hal tersebut tegas-tegas dilarang  Allah dalam Al-Qur’an (17:33, 6:151, 25:68, 5:32, 17:31, 4:93), dikategorikan sebagai dosa besar dan harus diqishash serta disiapkan tempatnya di neraka.
c. Bom bunuh diri adalah bunuh diri
Al-Qur’an dan sunnah rasul mengatakan dengan tegas melarang membunuh diri sendiri. Apabila para teroris dalam hal ini pelaku bom bunuh diri menyatakan sebagai ”jihad”. Maka hal tersebut adalah kekeliruan, sesat dan menyesatkan. Allah dalam firman-Nya menyatakan ” dan janganlah kamu membunuh diri, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu”. (Q.S. 4:29).
Syaikh Muhammad bin Shalih al-Ustsaimin atas pertanyaan terhadap bom bunuh diri memberi fatwa sebagai berikut; orang yang meletakkan bom di badannya lalu meledakkan dirinya di kerumunan musuh merupakan suatu bentuk bunuh diri dan ia akan disiksa di neraka Jahannam selamanya disebabkan perbuatan tersebut, sebagaimana sabda Nabi, “bahwa orang yang membunuh dirinya dengan sesuatu ia akan disiksa karenanya di neraka Jahannam”.
d. Qishash
Qishash adalah mengambil pembalasan hukum yang sama yaitu suatu hukuman yang sama yang dijatuhkan kepada seseorang yang melakukan kesalahan. Seperti jiwa dibalas dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga degan telinga, gigi dengan gigi, luka-lukapun ada qishashnya. (Q. 5:45)
Balasan hukum membunuh adalah dibunuh, jika pembunuhan itu disengaja tanpa alasan yang dibenarkan oleh syara’, dan dalam pembalasan tersebut dilarang melampaui batas. (Q. 17:33)
Karena pelaku bom bunuh diri telah juga mati maka balasan selanjutnya menjadi hak Allah sesuai dengan hukum-hukum dan keadilan-Nya.
e. Balasan Allah terhadap pelaku bom bunuh diri
Seperti penjelasan di atas, balasan pembunuhan adalah dihukum bunuh yang disebut dengan qishash. Sesuai dengan ketetapan Allah, pembunuhan adalah dosa besar dan dia akan mendapat pembalasan atas dosanya (Q. 25:68-69). Di ayat yang lain dengan jelas dan tegas Allah akan membalasnya dengan neraka. (Q. 4:30, 4:93). Dan sebagai perbuatan bunuh diri dalam hadist diriwayatkan sebagai berikut: Sahabat-sahabat Nabi memuji si Fulan karena kehebatannya di medan laga. Kemudian Nabi berkata, ia dalam neraka. Setelah itu seorang sahabat mengikutinya dalam setiap geraknya. Dalam medan pertempuran si Fulan terluka parah, kemudian ia tidak sabar dengan membunuh dirinya dengan pedangnya sendiri (hadist soheh Bukhori 1316).
Karena itu bom bunuh diri yang mereka yakini berbuah surga adalah pandangan dan keyakinan yang  keliru, sesat dan menyesatkan. Alih-alih mendapat surga, justru neraka yang dituaimya kelak. Na’udhubillah.

3. Fatwa Ulama Tentang Bom Bunuh Diri
Para aktivis pergerakan dari kalangan hizbiyyun yang melakukan amalan hanya bermodal semangat dan tidak berusaha memecahkan suatu permasalahan secara ilmiah berdasarkan pandangan yang shahih dari Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW serta tidak menjadikan ulama rabbani sebagai rujukan, menyebabkan mereka melakukan pembelaan terhadap amalan yang batil ini. 
Berikut ini adalah fatwa dari Al-Allamah Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah ta’ala:
Adapun yang dilakukan oleh sebagian orang berupa intihar (melakukan bom bunuh diri) dengan cara membawa peledak (bom) kepada sekumpulan orang-orang kafir, kemudian meledakkannya setelah berada di tengah-tengah mereka, sesungguhnya ini termasuk bunuh diri, wal ‘iyadzu billah. Barangsiapa yang membunuh dirinya, maka dia kekal dan dikekalkan dalam neraka Jahannam selamanya sebagaimana yang terdapat dalam hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Sebab, bunuh diri tidak memberi kemaslahatan bagi Islam karena ketika dia bunuh diri dan membunuh sepuluh atau seratus atau dua ratus (orang kafir), tidaklah memberi manfaat kepada Islam dengan perbuatan tersebut di mana manusia tidak masuk ke dalam Islam. 
Dan boleh jadi, yang terjadi musuh justru akan semakin keras perlawanannya dan menjadikan darah mereka mendidih. Sehingga semakin banyaklah kaum muslimin yang terbunuh sebagaimana yang ditemukan dari perlakuan Yahudi terhadap penduduk Palestina. Jika mati salah seorang dari mereka dengan sebab peledakan ini dan terbunuh enam, tujuh, maka mereka mengambil dari kaum muslimin –dengan sebab itu- enam puluh orang atau lebih sehingga tidak mendatangkan manfaat bagi kaum muslimin dan tidak bermanfaat pula bagi yang diledakkan di barisan-barisan mereka.
Oleh karena itu, kami melihat, apa yang dilakukan oleh sebagian manusia berupa tindakan bunuh diri, kami anggap bahwa hal itu adalah membunuh jiwa tanpa hak dan menyebabkan masuknya ke dalam neraka. Dan pelakunya bukanlah syahid. Namun jika seseorang melakukan itu dengan anggapan bahwa hal tersebut boleh, maka kami berharap agar dia selamat dari dosa. Adapun bila dianggap syahid, maka tidak demikian. Sebab, dia tidak menempuh cara untuk mati syahid. Dan barangsiapa yang berijtihad dan dia salah, maka baginya satu pahala.” 


C. TERORISME
1. Pengertian Teroris
Teror secara etimologi berasal dari kata “terrour” (Inggris Tengah), “terreur” (Perancis lama), “terror” (Latin) dan “terre” (Latin), yang artinya adalah untuk menakuti.
Definisi teror menurut beberapa ensiklopedia dan kamus:
Ø sangat takut, sangat ketakutan
Ø suatu emosi yang dialami sebagai antisipasi dari suatu rasa sakit atau bahaya (biasanya disertai oleh suatu keinginan untuk kabur atau untuk melawan)
Ø rasa panik atau perasaan yang sangat tidak tenang
Ø sifat yang sangat menyusahkan, terutama pada anak-anak.
Dalam terminologi yang sederhana, definisi teroris adalah satu atau lebih orang yang melakukan terror. Sedangkan terorisme adalah suatu paham yang dianut seseorang atau lebih, atau organisasi untuk menggunakan teror. Sedangkan Menurut ensiklopedia Indonesia tahun 2000, terorisme adalah kekerasan atau ancaman kekerasan yang diperhitungkan sedemikian rupa untuk menciptakan suasana ketakutan dan bahaya dengan maksud menarik perhatian nasional atau internasional terhadap suatu aksi maupun tuntutan. Menurut Noam Chomsky saat mendefinisikan terorisme’ menuliskan, “Terorisme ialah penggunaan cara kekerasan yang ditargetkan kepada warga sipil dalam upaya guna mencapai tujuan politik, agama atau semacamnya”.

2. Bentuk-Bentuk Terorisme
Dilihat dari cara-cara yang digunakan, terorisme dibedakan menjadi 2, yaitu :
a. Teror fisik yaitu teror untuk menimbulkan ketakutan, kegelisahan memalui sasaran fisik jasmani dalam bentuk pembunuhan, penganiayaan, pemerkosaan, penyanderaan penyiksaan dsb, sehingga secara nyata dapat dilihat secara fisik akibat tindakan teror.
b. Teror mental, yaitu teror dengan menggunakan segala macam cara yang bisa menimbulkan ketakutan dan kegelisahan tanpa harus menyakiti jasmani korban (psikologi korban sebagai sasaran) yang pada tingkat tertentu dapat menimbulkan tekanan batin yang luar biasa akibatnya bisa gila, bunuh diri, putus asa dsb.

3. Terorisme Dalam Pandangan Islam
Islam sebagai agama, pandangan hidup, dan sebagai “way of life” atau jalan hidup bagi penganutnya, tentu saja tidak mengijinkan dan bahkan mengutuk terorisme. Islam dengan kitab sucinya Al-Quran yang mengajarkan tentang moral-moral yang berdasarkan konsep-konsep seperti cinta, kasih sayang, toleransi dan kemurahan hati.
Nilai-nilai yang ada di dalam Al-Quran membuat seorang Muslim bertanggung jawab untuk memperlakukan semua orang, apakah itu Muslim atau non-Muslim, dengan rasa kasih sayang dan rasa keadilan, melindungi yang lemah dan yang tidak bersalah dan mencegah kemungkaran. Membunuh seseorang tanpa alasan adalah salah contoh yang jelas dari kemungkaran.
Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan”. (QS Al-Qashash [28] :77).
Terorisme dalam pandangan Islam merupakan hal yang melenceng dari agama Islam itu sendiri. Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW dengan membawa agama Islam didalam kehidupan manusia sebagai rahmat dan kenikmatan yang besar bagi manusia bukan suatu musibah yang membawa malapetaka.
Para teroris tersebut melakukan aksi terornya mengatas namakan Islam sebagai jihad. Namun pengertian jihad sendiri dalam Islam bukanlah memerangi umatnya sendiri yang justru menghancurkan dan merusak tetapi jihad dalam Islam adalah upaya mengerahkan segala jiwa raga atas nama Allah sesuai ketentuan-ketentuan yang diajarkan dalam syari’at Islam.
Praktik jihad yang diajarkan Nabi dalam peperangan bukan hanya untuk mendapatkan kemenangan dan mengalahkan musuh. Tetapi untuk sesuatu yang mulia dan juga mendatangkan manfaat bagi manusia.
Dalam islam, peperangan hanya diizinkan dalam kondisi seperti:
a. Sebagai langkah bertahan (defensif) untuk melindungi kaum muslim.
 “Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas”. (Al-Baqarah : 190)
b. Diusir dari rumah dan tanah air.
“Dan bunuhlah mereka di mana kamu temui mereka, dan usirlah mereka dari maan mereka telah mengusir kamu”. (Al-Baqarah : 191)
c. Ketika umat islam dianiaya karena menganut agama islam.
“Telah diizinkan berperang bagi orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka telah dianiaya”. (Al-Hajj : 39)
d. Jika kaum musyrik mengingkari perjanjian (perang atau damai) yang telah mereka buat lalu mengejek agama Allah.
 “Dan jika mereka melanggar sumpah setelah ada perjanjian, dan mencerca agamamu, maka pergilah pemimpin-pemimpin kafir itu”. (At-Taubah: 12)
e. Pengakuan mantan anggota JI, Nasir Abbas mengakui bahwa kekerasan bukanlah ajaran Rasullullah SAW dan tindak teror di Bali itu bukanlah jihad karena dilakukan di tempat yang damai dan bukan orang yang bersalah yang menjadi korban.
Lalu apakah terorisme dibenarkan dalam Islam? Di zaman Rasullullah SAW merupakan zaman keemasan. Di bawah pimpinan Nabi Muhammad SAW sebagai pemimpin terbaik sepanjang zaman, berjayalah Islam pada waktu itu. Kejayaan Islam bukanlah hal yang mustahil, bisa terwujud dengan berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman dan pengamalan yang benar. Bagaimana mungkin kejayaan Islam saat itu terwujud dengan cara yang tidak sesuai dengan ajaran Islam itu sendiri. Rasulullah sebelum mencapai kejayaan Islam juga pernah merasakan masa pahit memerangi kaum musyrik. Namun Rasulullah SAW tetap bersabar dalam menghadapi situasi tersebut bahkan tidak sampai melakukan bom bunuh diri atau hal-hal lain yang menggangu keamanan masyarakat seperti aksi terorisme yang sedang merajalela dan menyudutkan Islam sebagai pembawa ajarannya. Islam sangat menghargai kehidupan dan memiliki aturan dan hukum yang tegas dalam menjalani kehidupan.

4. Solusi Mencegah Aksi Terorisme yang Mengatasnamakan Agama Islam (Jihad)
Tindakan preventif terhadap penyembuhan aksi terorisme awalnya disikapi dengan menghiasi jiwa kita akan pemikiran Islam yang lurus, penguatan aqidah, selalu dalam naungan wahyu Illahi dan mau memahami maknanya.
Adapun solusi terorisme di negeri-negeri kafir, harus di imbangi dengan undang-undang negeri tersebut. Sangat disayangkan dalam mayoritas negeri Islam mengikuti jejak negeri-negeri kafir dalam penegakkan hukum undang-undang dasarnya yaitu dalam menyelesaikan masalah suatu negeri misalnya. Biasanya mereka menyelesaikan dengan undang-undang yang mereka buat sendiri bukan dengan syari’at Islam yang maha suci ini.
Oleh Syaikh Zaid bin Muhammad bin Hadi Al-Madkhaly, sesungguhnya solusi atau penyembuhan terhadap penyakit ini bahkan untuk membentengi diri darinya adalah nasehat Islam yang lurus yang tiada melakukan dengan baik akan nasehat itu. Kecuali ulama Salaf Ar-Rabbani yang mana mereka telah menyampaikan nasehat dan bimbingannya kepada manusia dan memperingatkan serta menunjuki mereka kepada jalannya para nabi dan rasul yang mulia, yang Allah telah utus mereka sebagai penyeru dan pengajar kebaikan bagi manusia. Jalan itu adalah wahyu ilahi yang dengannya tersucikan hati dari penyakit-penyakitnya dan tenangnlah jiwa dari kebingungannya dan kegoncangan, kecuali orang yang memang dikusai oleh nafsu angkara murka dan telah ditetapkan di dalam Lauhul Mahfudz sebagai orang yang sesat. Sesungguhnya hal ini sesuai dengan firman Allah Ta‘ala.
Artinya: Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yangkamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, danAllah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk” [Al-Qashash : 56]
Dan kapanpun peringatan dan buku-buku tidak membawa manfaat maka Allah akanmenjadikan pedang kebenaran yang bermanfaat bagi orangnya yang telah Allahletakkan di tangan penguasa muslim di muka bumi ini, sebagaimana terdapat dalamriwayathadits yang panjang diantaranya sabda Nabi SAW.
Artinya: “Hendaklah kamu ambil di atas tangan orang yang jelek dan hendaklah kamuberdiam di atas al-haq dengan sebenar-benarnya, atau Allah akan palingkan hatisebagian kalian atas sebagian yang lain atau sungguh akan melaknat kalian sebagaimana mereka telah dilaknat.”
Dan belum hilang dari pikiran bahwa masyarakat mempunyai peran penting di dalam melakukan tindakan preventif dan penyembuhan terhadap wabah penyakit terorisme, hanya saja tidaklah masyarakat akan mendapatkan pengaruh dan dampak yang baik, kecuali apabila masyarakat tersebut menghiasi diri mereka dengan fitrah (aqidah) yang bersih dan jernih serta pemikiran Islam yang lurus, adapun jika kenyataannya yang ada dalam masyarakat itu bertabrakan dengan kondisi yang diatas, sesungguhnya seorang yang tidak mempunyai apa-apa tidaklah ia dapat memberikan sesuatu. Ringkas pembicaraan, wahai orang-orang yang mencintai kebaikan untuk orang lain bahwasanya solusi satu-satunya untuk penyakit terorisme di negeri-negeri Islam beradadi tangan orang-orang yang mempunyai aqidah shahihah yang bersih dan murni dibawah naungan wahyu Ilahi yang dibawa dan disampaikan oleh orang yang maumemahami maknanya dan yang baik penyampaiannya, dan sungguh para doktermereka itu adalah waliyul amri dari kalangan ulama rabbani dan para pemimpin yang shalih kemudian masyarakat dengan segala lapisannya, kecil atau besar dalam dan luar yang tersifati dengan sifat yang disebutkan terdahulu. 
Firman Allah Ta‘ala.
Artinya: “Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapatkan petunjuk dan barangsiapa yang disesatkan maka kamu tak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya”. (Al-Kahfi : 17)
Adapun solusi terorisme di negeri-negeri kafir, maka pijakannya kepada apa yangmerekaridhai untuk diri mereka sendiri yaitu undang-undang dasar (negeri tersebut) jika diwujudkan sesuatu untuk menolak kemudharatan maka haruslah ia mempunyaikekurangan, terutama akan bertambah parahnya penyakit terorisme di negeri mereka serta semakin meluas dan saling mewarisinya dengan terang-terangan karena mereka tidak percaya akan kebesaran Allah dan Dia yang telah menciptakan mereka dalambeberapa tingkatan kejadian. Merupakan perkara yang amat sangat disayangkan bahwa mayoritas negeri Islam telah mengikuti jejak negeri-negeri kafir dalam penegakkan hukum undang-undang dasarnya yaitu dalam menyelesaikan berbagai macam problematikanya, yang tidak diperkenankan untuk berhukum dengan undang-undang dasar (yang dibuat oleh manusia), bahkan wajib menggunakan hukum syari‘at Allah yang sempurna lagi suci ini. Dikarenakan negeri-negeri Islam itu ber-intimaa (menyandarkan dirinya) kepada Islam dan berbangga diri dengannya hanya dalam syiar-syiarnya, akan tetapi kenyataan dari pelaksanaan hukum-hukumnya dalam menyelesaikan berbagai problem meniru dan mengadopsi dari orang-orang kafir.


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Jihad memiliki pengertian yang khas. Jihad dalam arti perang memiliki beberapa kriteria apabila jihad itu ingin dimaknai dengan jihad fi sabilillah (di jalan Allah) dan yang kelak dibalasi dengan surga-Nya. Dengan tidak terpenuhinya kriteria jihad yang dilakukan oleh teroris, maka bom bunuh diri yang mereka sebut dengan “jihad” adalah pandangan keliru, sesat dan menyesatkan. Bom bunuh diri secara hukum Islam (syar’i) dikategorikan sebagai pembunuhan dan bunh diri. Tindakan mereka yang keliru sesat dan menyesatkan sebagaimana yang dapat disaksikan dalam statment yang tersebar luas, perlu dibarengi dengan informasi pelurusannya melalui berbagai media. Sekalipun tulisan ini masih sangat sumir diharapkan dapat memberi wawasan dan pedoman bagi petugas di lapangan sehingga dapat mengemban tugas preventifnya dalam rangka tumbuhnya pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang jihad yang benar, serta guna mencegah dan menangkal munculnya kader-kader bom bunuh diri pada khususnya dan terorisme di Indonesia pada umumnya.
B.     Saran
Dengan selesainya  makalah ini diharapkan para pembaca dapat memberikan kritik dan saran demi kesempurnaan tugas-tugas selanjutnya
.

DAFTAR PUSTAKA
Abu Yasid, Fiqh Realitas. Yoyakarta: Pustaka pelajar, 2005
Nawaf Hail Takruri, Aksi Bunuh Diri dan Mati Syahid. Jakarta: Pustaka Al-Kausar, 2002

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. dlm uraian diatas, disebutkan bahwa dlm surat at taubah 38,39 seorang imam dapat memerintah jihad. nyatanya dlm surat at taubah tidak menyebut hal itu, sehingga ini menyesatkan & cenderung memutarbalik ajaran Allah.

    BalasHapus
  3. dlm uraian diatas, disebutkan bahwa dlm surat at taubah 38,39 seorang imam dapat memerintah jihad. nyatanya dlm surat at taubah tidak menyebut hal itu, sehingga ini menyesatkan & cenderung memutarbalik ajaran Allah.

    BalasHapus
  4. surat al maidah 38,39 tidak menyebut imam menyuruh berjihad, jadi jangan dipaksakan seolah perintah jihad dapat dilakukan okeh seorang imam, itu menyesatkan & memutarbalik ajaran Allah.

    BalasHapus