Senin, 19 Desember 2016

MAKALAH FILSAFAT ILMU : SUMBER PENGETAHUAN, ILMU, FILSAFAT DAN AGAMA



SUMBER PENGETAHUAN, ILMU, FILSAFAT DAN AGAMA

Disusun Oleh :
Nur Hayati
213-14-018




BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالأبْصَارَ وَالأفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Artinya: Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.(Qs. An-Nahl, 16:78). 
Apa yang diketahui oleh seorang bayi yang baru lahir? Tentunya ia belum mengetahui apa-apa. Setidaknya itulah penafsiran dari penggalan ayat di atas. Pada awalnya manusia tidak mempunyai pengetahuan ketika baru lahir. Interaksinya dengan alam sekitar membuatnya ingin tahu sehingga mengajukan pertanyaan apa, mengapa danbagaimana? Jawaban dari pertanyaan tersebut menghasilkan pengetahuan. Tetapi kadang manusia mengalami banyak ketidakpuasan dengan pengetahuan yang ia terima. Pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenaknya semakin kompleks sehingga manusia terus berfikir mencari pengetahuan.
Proses pencarian kebenaran yang dilakukan oleh beberapa tokoh telah mengahasilkan kebenaran agama (wahyu) dan kebenaran filsafat (akal). Dalam perkembangannya kedua pengetahuan tersebut saling bersitegang sebagai kebenaran yang paling esensi, paling tinggi. Perbedaan tersebut disebabkan karena sumber dari kedua pengetahuan itu yang berbeda. Dominasi antara agama dan filsafat silih berganti. Apalagi ketika filsafat telah menghasilkan ilmu pengetahuan. 

B. Rumusan Masalah

1. Apa sumber pengetahuan secara umum ?
2. Apakah sumber ilmu mengacu pada aliran-aliran filsafat dalam berbicara tentang pengetahuan ?
3. Bagaimana memasuki alam filsafat ?
4. Apa sumber agama ( Samawi dan Ardhi ) ?

C. Tujuan

1. Untuk mengetahui sumber pengetahuan secara umum.
2. Untuk mengetahui sumber ilmu yang mengacu pada aliran-aliran filsafat dalam berbicara tentang pengetahuan.
3. Untuk mengetahui alam filsafat.
4. Untuk mengetahui sumber agama ( Samawi dan Ardhi ).


BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengetahuan

Pengetahuan adalah pelbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Misalnya ketika seseorang mencicipi masakan yang baru dikenalnya, ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aroma masakan tersebut (Wikipedia.com).
Pengetahuan adalah merupakan hasil dari “Tahu” dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca indra manusia, yaitu: indra penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui pendidikan, pengalaman orang lain, media massa maupun lingkungan.
Pengetahuan ini meliputi emosi, tradisi, keterampilan, informasi, akidah, dan pikiran.  Dalam komunikasi keseharian, kita sering menggunakan kalimat seperti, “Saya terampil mengoperasikan mesin ini”, “Saya sudah terbiasa menyelesaikan masalah itu”, “Saya menginformasikan kejadian itu”, “Saya meyakini bahwa masyarakat pasti mempercayai Tuhan”, “Saya tidak emosi menghadapi orang itu”, dan “Saya mempunyai pikiran-pikiran baru dalam solusi persoalan itu”. 
Pengetahuan adalah suatu keadaan yang hadir dikarenakan persentuhan kita dengan suatu perkara. Keluasan dan kedalaman kehadiran kondisi-kondisi ini dalam pikiran dan jiwa kita sangat bergantung pada sejauh mana reaksi, pertemuan, persentuhan,  dan hubungan kita dengan objek-objek eksternal. Walhasil, makrifat dan pengetahuan ialah suatu keyakinan yang kita miliki yang hadir dalam syarat-syarat tertentu dan terwujud karena terbentuknya hubungan-hubungan khusus antara subjek (yang mengetahui) dan objek (yang diketahui) dimana hubungan ini sama sekali kita tidak ragukan. 

1. Sumber Pengetahuan
Sumber dalam  Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagaia asal. Sebagai contoh sumber mata air, berarti asal dari air yang berada di mata air itu.Dengan demikian sumber ilmu pengetahuan adalah asal dari ilmu pengetahuan yang diperoleh manusia. Jika membicarakan masalah asal, maka pengetahuan dan ilmu pengetahuan tidak dibedakan, karena dalam sumber pengetahuan juga terdapat sumber ilmu pengetahuan.
Amsal Bakhtiar berpendapat tidak jauh berbeda. Menurutnya sumber pengetahuan merupakan alat untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Dengan istilah yang berbeda ia menyebutkan empat macam sumber pengetahuan, yaitu: emperisme, rasionalisme, intuisi dan wahyu.
Dengan demikian, sumber pengetahuan terdiri dari empirisme (indera), rasionalisme (akal), intuisionisme (intuisi), dan wahyu.         
a. Empirisme (indera)
Tak diragukan bahwa indra-indra lahiriah manusia merupakan alat dan sumber pengetahuan, dan manusia mengenal objek-objek fisik dengan perantaraanya. Setiap orang yang kehilangan salah satu dari indranya akan sirna kemampuannya dalam mengetahui suatu realitas secara partikular. Misalnya seorang yang kehilangan indra penglihatannya maka dia tidak akan dapat menggambarkan warna dan bentuk sesuatu yang fisikal, dan lebih jauh lagi orang itu tidak akan mempunyai suatu konsepsi universal tentang warna dan bentuk. Begitu pula orang yang tidak memiliki kekuatan mendengar maka dapat dipastikan bahwa dia tidak mampu mengkonstruksi suatu pemahaman tentang suara dan bunyi dalam pikirannya. Atas dasar inilah, Ibn Sina dengan menutip ungkapan filosof terkenal Aristoteles menyatakan bahwa barang siapa yang kehilangan indra-indranya maka dia tidak mempunyai makrifat dan pengetahuan. Dengan demikian bahwa indra merupakan  sumber dan alat makrifat dan pengetahuan ialah hal yang sama sekali tidak disangsikan. Hal ini bertolak belakang dengan perspektif Plato yang berkeyakinan bahwa sumber pengetahuan hanyalah akal dan rasionalitas, indra-indra lahiriah dan objek-objek fisik sama sekali tidak bernilai dalam konteks pengetahuan. Dia menyatakan bahwa hal-hal fisikal hanya bernuansa lahiriah dan tidak menyentuh hakikat sesuatu. Benda-benda materi adalah realitas-realitas yang pasti sirna, punah, tidak hakiki, dan tidak abadi. 
Akan  tetapi, filosof-filosof Islam beranggapan bahwa indra-indra lahiriah tetap bernilai sebagai sumber dan alat pengetahuan. Mereka memandang bahwa peran indra-indra itu hanyalah berkisar seputar konsep-konsep yang berhubungan dengan objek-objek fisik seperti  manusia, pohon, warna, bentuk, dan kuantitas. Indra-indra tak berkaitan dengan semua konsep-konsep yang mungkin dimiliki dan diketahui oleh manusia, bahkan terdapat realitas-realitas yang sama sekali tidak terdeteksi dan terjangkau oleh indra-indra lahiriah dan hanya dapat dicapai oleh daya-daya pencerapan lain yang ada pada diri manusia.
Konsep-konsep atas realitas-realitas fisikal dan material yang tercerap lewat indra-indra, yang walaupun secara tidak langsung, berada di alam pikiran, namun juga tidak terwujud dalam akal dan pikiran kita secara mandiri dan fitrawi. Melainkan setelah mendapatkan beberapa konsepsi-konsepsi indrawi maka secara bertahap akan memperoleh pemahaman-pemahaman yang lain. Awal mulanya pikiran manusia sama sekali tidak mempunyai konsep-konsep sesuatu, dia seperti kerta putih yang hanya memiliki potensi-potensi untuk menerima coretan, goresan, dan gambar. Dan aktivitas persepsi pikiran dimulai dari indra-indra lahiriah. 
 Mengapa jiwa yang tunggal itu sedemikian rupa mempunyai kemampuan yang luar biasa dalam menyerap semua pengetahuan? Filosof Ilahi, Mulla Sadra, mengungkapkan bahwa keragaman pengetahuan dan makrifat yang dimiliki oleh manusia dikarenakan kejamakan indra-indra lahiriahnya. Mulla Sadra juga menambahkan bahwa aktivitas persepsi-persepsi manusia dimulai dari jalur indra-indra itu dan setiap pengetahuan dapat bersumber secara langsung dari indra-indra lahiriah atau setelah berkumpulnya konsepsi-konsepsi indrawi barulah pikiran itu dikondisikan untuk menggapai pengetahuan-pengetahuan lain. Jiwa itu secara esensial tak mempu menggambarkan objek-objek fisikal tanpa indra-indra tersebut.
David Hume (1711-1776) yang mengatakan bahwa manusia sejak lahirnya belum membawa pengetahuan apa-apa. Manusia mendapatkan pengetahuan melalui pengamatannya yang memberikan dua hal, kesan (impression) dan pengertian atau ide (idea). Kesan adalah pengamatan langsung yang diterima dari pengalaman. Seperti merasakan sakitnya tangan yang terbakar. Sedangkan ide adalah gambaran tentang pengamatan yang dihasilkan dengan merenungkan kembali atau terefleksikan dalam kesan-kesan yang diterima dari pengalaman.
Gejala alam, menurut aliran ini bersifat konkret, dapat dinyatakan dengan panca indera dan mempunyai karakteristik dengan pola keteraturan mengenai suatu kejadian.seperti langit yang mendung yang biasanya diikuti oleh hujan, logam yang dipanaskan akan memanjang. Berdasarkan teori ini akal hanya berfungsi sebagai pengelola konsep gagasan inderawi dengan menyusun konsep tersebut atau membagi-baginya. Akal juga sebagai tempat penampungan yang secara pasif menerima hasil-hasil penginderaan tersebut. Akal berfungsi untuk memastikan hubungan urutan-urutan peristiwa  tersebut
Dengan kata lain, empirisme menjadikan pengalaman inderawi sebagai sumber pengetahuan. Sesuatu yang tidak diamati dengan indera bukanlah pengetahuan yang benar. Walaupun demikian, ternyata indera mempunyai beberapa kelemahan, antara lain; pertama, keterbatasan indera. Seperti kasus semakin jauh objek semakin kecil ia penampakannya. Kasus tersebut tidak menunjukkan bahwa objek tersebut mengecil, atau kecil. Kedua, indera menipu. Penipuan indera terdapat pada orang yang sakit. Misalnya. Penderita malaria merasakan gula yang manis, terasa pahit dan udara yang panas dirasakan dingin. Ketiga, objek yang menipu, seperti pada ilusi dan fatamorgana. Keempat, objek dan indera yang menipu. Penglihatan kita kepada kerbau, atau gajah. Jika kita memandang keduanya dari depan, yang kita lihat adalah kepalanya, sedangkan ekornya tidak  kelihatan. dan kedua binatang itu sendiri tidak bisa menunjukkan seluruh tubuhnya. Kelemahan-kelemahan pengalaman indera sebagai sumber pengetahuan, maka lahirlah sumber kedua, yaitu Rasionalisme.
b. Rasionalisme (Akal)
Pengetahuan rasional atau pengetahuan yang bersumber dari akal (rasio) adalah suatu pengetahuan yang dihasilkan dari proses belajar dan mengajar, diskusi ilmiah, pengkajian buku, pengajaran seorang guru, dan sekolah.
Rene Descartes (1596-1650), dipandang sebagai bapak rasionalisme. Rasionalisme tidak menganggap pengalaman indera (empiris) sebagai sumberpengetahuan, tetapi akal (rasio). Kelemahan-kelemahan pada pengalaman empiris dapat dikoreksi seandainya akal digunakan. Rasionalisme tidak mengingkari penggunaan indera dalam memperoleh pengetahuan, tetapi indera hanyalah sebagai perangsang agar akal berfikir dan menemukan kebenaran atau  pengetahuan.
Meski rasionalisme mengkritik emprisme dengan pengalaman inderanya,  rasionalisme dengan akalnya pun tak lepas dari kritik. Kelemahan yang terdapat pada akal. Akal tidak dapat mengetahui secara menyeluruh (universal) objek yang dihadapinya. Pengetahuan akal adalah pengetahuan parsial, sebab akal hanya dapat memahami suatu objek bila ia memikirkannya dan akal hanya memahami bagian-bagian tertentu dari objek tersebut.
Kelemahan yang dimiliki oleh empirisme dan rasionalisme disempurnakan sehingga melahirkan teori positivisme yang dipelopori oleh August Comte (1798-1857) dan Iammanuel Kant (1724-1804), Ia telah melahirkan metode ilmiah yang menjadi dasar kegiatan ilmiah dan telah menyumbangkan jasanya kepada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut paham ini indera sangat penting untuk memperoleh ilmu pengetahuan, tetapi indera harus dipertajam dengan eksperimen yang menggunakan ukuran pasti. Misalnya panas diukur dengan derajat panas, berat diukur dengan timbangan dan jauh dengan meteran. 
c. Intuisionisme (intuisi)
Sumber ini berupa gerak hati yang paling dalam. Jadi, sangat bersifat spiritual, melampaui ambang batas ketinggian akal pikiran dan kedalaman pengalaman. Pengetahuan yang bersumber dari intuisi merupakan pengalaman batin yang bersifat langsung. Artinya, tanpa melalui sentuhan indera maupun olahan akal pikiran. Ketika dengan serta-merta seseorang memutuskan untuk berbuat atau tidak berbuat dengan tanpa alasan yang jelas, maka ia berada di dalam pengetahuan yang intuitif. Dengan demikian, pengetahuan intuitif ini kebenarannya tidak dapat diuji baik menurut ukuran pengalaman indriawi maupun akal pikiran. Karena itu tidak bisa berlaku umum, hanya berlaku secara personal belaka.
Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Misalnya saja, seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca sebuah buku. Ternyata, di dalam buku itu ditemukan keterangan yang dicari-carinya selama bertahun-tahun. Atau misalnya, merasa bahwa ia harus pergi ke sebuah tempat, ternyata di sana ia menemukan penemuan besar yang mengubah hidupnya. Namun tidak semua intuisi berasal dari kekuatan psi. Sebagian intuisi bisa dijelaskan sebab musababnya.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berada dalam jajaran puncak bisnis atau kaum eksekutif memiliki skor lebih baik dalam eksperimen uji indera keenam dibandingkan dengan orang-orang biasa. Penelitian itu sepertinya menegaskan bahwa orang-orang sukses lebih banyak menerapkan kekuatan psi dalam kehidupan keseharian mereka, hal mana menunjang kesuksesan mereka. Salah satu bentuk kemampuan psi yang sering muncul adalah kemampuan intuisi. Tidak jarang, intuisi yang menentukan keputusan yang mereka ambil.
Intuisi dalam bahasa sederhana bisa diartikan getaran hati (jiwa) akan sesuatu hal (Causalitas) yang dihadapi atau yang akan terjadi. getaran hati atau mungkin bisa juga diartikan "perasaan" akan sesuatu (itu) muncul atau terasa. akal (sehat) berpikir dan berbicara (sehat) akan membuat hati atau perasaan sehat (tenang) begitu pun sebaliknya.
d. Wahyu        
Wahyu sebagai sumber pengetahuan juga berkembang dikalangan agamawan. Wahyu adalah pengetahuan agama disampaikan oleh Allah kepada manusia lewat perantara para nabi yang memperoleh pegetahuan tanpa mengusahakannnya. Pengetahuan ini terjadi karena kehendak Tuhan. Hanya para nabilah dan Rasul yang mendapat wahyu.
 Wahyu Allah berisikan pengetahuan yang baik mengenai kehidupan manusia itu sendiri, alam semesta dan juga pengetahuan transendental, seperti latar belakang dan tujuan penciptaan manusia, alam semesta dan kehidupan di akhitar nanti.Pengetahuan wahyu lebih banyak menekankan pada kepercayaan yang merupakan sifat dasar dari agama.
Sebagai manusia yang beragama pasti meyakini bahwa wahyu merupakan sumber ilmu, Karena diyakini bahwa wakyu itu bukanlah buatan manusia tetapi buatan Tuhan Yang Maha Esa.

2. Jenis – Jenis Pengetahuan
Pada umumnya pengetahuan dibagi menjadi beberapa jenis diantara nya : 
a. Pengetahuan langsung (immediate); 
Pengetahuan immediate adalah pengetahuan langsung yang hadir dalam jiwa tanpa melalui proses  penafsiran dan pikiran. Kaum realis (penganut paham Realisme) mendefinisikan pengetahuan seperti itu. Umumnya dibayangkan bahwa kita mengetahui sesuatu itu sebagaimana adanya, khususnya perasaan ini berkaitan dengan realitas-realitas yang telah dikenal sebelumnya seperti pengetahuan tentang pohon, rumah, binatang, dan beberapa individu manusia. Namun, apakah perasaan ini juga berlaku pada realitas-realitas yang sama sekali belum pernah dikenal dimana untuk sekali meilhat kita langsung mengenalnya sebagaimana hakikatnya?. Apabila kita sedikit mencermatinya, maka akan nampak dengan jelas bahwa hal itu tidaklah demikian adanya. 
b. Pengetahuan tak langsung (mediated); 
Pengetahuan mediated adalah hasil dari pengaruh interpretasi dan proses berpikir serta pengalaman-pengalaman yang lalu. Apa yang kita ketahui dari benda-benda eksternal banyak berhubungan dengan penafsiran dan pencerapan pikiran kita. 
c. Pengetahuan indrawi (perceptual); 
Pengetahuan indrawi adalah sesuatu yang dicapai dan diraih melalui indra - indra lahiriah. Sebagai contoh, kita menyaksikan satu pohon, batu, atau kursi, dan objek-objek ini yang masuk ke alam pikiran melalui indra penglihatan akan membentuk pengetahuan kita. Tanpa diragukan bahwa hubungan kita dengan alam eksternal melalui media indra-indra lahiriah ini, akan tetapi pikiran kita tidak seperti klise foto dimana gambar-gambar dari apa yang diketahui lewat indra-indra tersimpan didalamnya. Pada pengetahuan indrawi terdapat beberapa faktor yang berpengaruh, seperti adanya cahaya yang menerangi objek-objek eksternal, sehatnya anggota-angota indra badan (seperti mata, telinga, dan lain-lain), dan pikiran yang mengubah benda-benda partikular menjadi konsepsi universal, serta faktor-faktor sosial (seperti adat istiadat). Dengan faktor-faktor tersebut tidak bisa dikatakan bahwa pengetahuan indrawi hanya akan dihasilkan melalui indra-indra lahiriah. 
d. Pengetahuan konseptual (conceptual); 
Pengetahuan konseptual juga tidak  terpisah dari pengetahuan indrawi Pikiran manusia secara langsung tidak dapat membentuk suatu konsepsi-konsepsi tentang objek-objek dan perkara-perkara eksternal tanpa berhubungan dengan alam eksternal. Alam luar dan konsepsi saling berpengaruh satu dengan lainnya dan pemisahan di antara keduanya merupakan aktivitas pikiran. 
e. Pengetahuan partikular (particular); 
Pengetahuan partikular berkaitan dengan satu individu, objek-objek tertentu, atau realitas-realitas khusus. Misalnya ketika kita membicarakan satu kitab atau individu tertentu, maka hal ini berhubungan dengan pengetahuan partikular itu sendiri. 
f. Pengetahuan universal (universal). 
Pengetahuan universal mencakup individu-individu yang berbeda. Sebagai contoh, ketika kita membincangkan tentang manusia dimana meliputi seluruh individu (seperti Muhammad, Ali, hasan, husain, dan …), ilmuwan yang mencakup segala individunya (seperti ilmuwan fisika, kimia, atom, dan lain sebagainya), atau hewan yang meliputi semua indvidunya (seperti gajah, semut, kerbau, kambing, kelinci, burung, dan yang lainnya). 
Dalam filsafat Islam, pengetahuan itu hanya dibagi dua, yakni ilmu hudhuri dan hushuli. Dengan berdasarkan pada pembagian pengetahuan di atas, apabila kita ingin menyingkronkan pembagian pengetahuan menurut filsafat Islam, maka pengetahuan langsung (immediate) tersebut sama halnya dengan pengetahuan hudhuri dan pengetahuan tak langsung (mediated), pengetahuan indrawi, pengetahuan konseptual, pengetahuan partikular, pengetahuan universal tersebut dikategorikan sebagai pengetahuan hushul.

3. Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengetahuan seseorang, antara lain :   
a. Pendidikan 
Tingkat pendidikan turut pula menentukan mudah tidaknya seseorang menyerap dan memahami pengetahuan yang mereka peroleh, pada umumnya semakin tinggi pendidikan seseorang semakin baik pula pengetahuanya.
b. Pengalaman 
Pengalaman merupakan guru yang terbaik. Pepatah tersebut dapat diartikan bahwa pengalaman merupakan sumber pengetahuan, atau pengalaman itu suatu cara untuk memperoleh kebenaran pengetahuan. Oleh sebab itu pengalaman pribadi pun dapat digunakan sebagai upaya untuk memperoleh pengetahuan. Hal ini dilakukan dengan cara mengulang kembali pengalaman yang diperoleh dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi pada masa lalu (Notoadmojo, 1997).
c. Usia 
Makin tua umur seseorang maka proses-proses perkembangan mentalnya bertambah baik, akan tetapi pada umur tertentu, bertambahnya proses perkembangan mental ini tidak secepat seperti ketika berumur belasan tahun. Selain itu Abu Ahmadi, 2001 dalam Hendra AW, 2008  juga mengemukakan bahwa memang daya ingat seseorang itu salah satunya dipengaruhi oleh umur. Dari uraian ini maka dapat kita simpulkan bahwa bertambahnya umur seseorang dapat berpengaruh pada pertambahan pengetahuan yang diperolehnya, akan tetapi pada umur-umur tertentu atau menjelang usia lanjut kemampuan penerimaan atau mengingat suatu pengetahuan akan berkurang.
d. Informasi 
Informasi akan memberikan pengaruh pada pengetahuan seseorang. Meskipun seseorang memiliki pendidikan yang rendah tetapi jika ia mendapatkan informasi  yang baik dari berbagai media misalnya TV, radio atau surat kabar maka hal itu akan dapat meningkatkan pengetahuan seseorang.

B. Aliran-Aliran Filsafat dalam Berbicara tentang Pengetahuan

1. Idealisme
Di dalam filsafat, idealisme adalah doktrin yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kebergantungannya pada jiwa (mind) dan roh (spirit). Arti falsafi dari kata idealisme ditentukan lebih banyak oleh arti dari kata ide daripada kata ideal. W.E. Hocking, seorang idealis mengatakan bahwa kata idea-ism lebih tepat digunakan daripada idealism. Secara ringkas idealisme mengatakan bahwa realitas terdiri dari ide-ide, pikiran-pikiran, akal (mind) atau jiwa (self) dan bukan benda material dan kekuatan. Idealisme menekankan mind sebagai hal yang lebih dahulu (primer) daripada materi.  Ada beberapa jenis Idealisme, yaitu:
a. Idealisme Subjektif
Idealisme subjektif adalah filsafat yang berpandangan idealis dan bertitik tolak pada ide manusia atau ide sendiri. Alam dan masyarakat ini tercipta dari ide manusia. Segala sesuatu yang timbul dan terjadi di alam atau di masyarakat adalah hasil atau karena ciptaan ide manusia atau idenya sendiri, atau dengan kata lain alam dan masyarakat hanyalah sebuah ide/fikiran dari dirinya sendiri atau ide manusia.Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah seorang dari inggris yang bernama George Berkeley (1684-1753 M). Menurut Berkeley, segala sesuatu yang tertangkap oleh sensasi/perasaan kita itu bukanlah materi yang real dan ada secara objektif.                       
b. Idealisme Objektif
Idealisme Objektif adalah idealisme yang bertitik tolak pada ide di luar ide manusia. Idealisme objektif ini dikatakan bahwa akal menemukan apa yang sudah terdapat dalam susunan alam.   Menurut idealisme objektif segala sesuatu baik dalam alam atau masyarakat adalah hasil dari ciptaan ide universil. Pandangan filsafat seperti ini pada dasarnya mengakui sesuatu yang bukan materi, yang ada secara abadi di luar manusia, sesuatu yang bukan materi itu ada sebelum dunia alam semesta ini ada, termasuk manusia dan segala pikiran dan perasaannya.
c. Idealisme Personal (personalisme)
Idealisme personal yaitu nilai-nilai perjuangannya untuk menyempurnakan dirinya. Personalisme muncul sebagai protes terhadap materialisme mekanik dan idealisme monistik. Bagi seorang personalis, realitas dasar itu bukanlah pemikiran yang abstrak atau proses pemikiran yang khusus, akan tetapi seseorang, suatu jiwa atau seorang pemikir.

2. Positivisme 
Pengertian Positivisme secara etimologi berasal dari kata positive, yang dalam bahasa filsafat bermakna sebagai suatu peristiwa yang benar-benar terjadi, yang dapat dialami sebagai suatu realita. Ini berarti, apa yang disebut sebagai positif bertentangan dengan apa yang hanya ada di dalam angan-angan (impian), atau terdiri dari apa yang hanya merupakan konstruksi atas kreasi kemampuan untuk berpikir dari akal manusia.
Dapat disimpulkan pengertian positivisme secara terminologis berarti merupakan suatu paham yang dalam ‘pencapaian kebenaran’-nya bersumber dan berpangkal pada kejadian yang benar-benar terjadi. Segala hal diluar itu, sama sekali tidak dikaji dalam positivisme. Tokoh aliran ini adalah August Comte (1798-1857). Pada dasarnya positivisme bukanlah suatu aliran yang khas berdiri sendiri. Ia hanya menyempurnakan empirisme dan rasionalisme. Dengan kata lain, ia menyempurnakan metode ilmiah (scientific method) dengan memasukkan perlunya eksperimen dan ukuran-ukuran. Positivisme mengajarkan bahwa kebenaran ialah yang logis, ada bukti empiris yang terukur. “Terukur” inilah sumbangan penting positivisme. Misalnya, hal panas.
Positivisme mengatakan bahwa air mendidih adalah 100 derajat celcius, besi mendidih 1000 derajat celcius, dan yang lainnya misalnya tentang ukuran meter, ton, dan seterusnya. Ukuran - ukuran tadi adalah operasional, kuantitatif, tidak memungkinkan perbedaan pendapat.
Pada dasarnya positivisme adalah sebuah filsafat yang meyakini bahwa satu – satunya pengetahuan yang benar adalah yang didasarkan pada pengalaman aktualfisikal. Pengetahuan demikian hanya bisa dihasilkan melalui penetapan teori-teori melalui metode saintifik yang ketat, yang karenanya spekulasi metafisis dihindari. Positivisme, dalam pengertian diatas dan sebagai pendekatan telah dikenal sejak Yunani Kuno. Tokoh-tokoh yang menganut paham positivisme: Auguste Comte ( 1798 – 1857 ), John Stuart Mill ( 1806 – 1873 ), H. Taine ( 1828 – 1893 ), Emile Durkheim (1852 – 1917 ).

3. Kritisisme 
Kritisisme berasal dari kata kritika  yang merupakan kata kerja dari krinein yang artinya  memeriksa dengan teliti, menguji, membeda-mbedakan. Adapun pengetian yang lebih lengkap adalah pengetahuan yang memeriksa dengan teliti, apakah pengetahuan kita itu sesuai dengan realita dan bagaimanakah kesesuainya dengan kehidupan kita. Selain itu kritisime juga diartikan sebagai pembelajaran yang menyelidiki batasan-batasan kemampuan rasio sebagai sumber pengetahuan manusia. keseluruhan pengertian tersebut adalah hasil dari buah pemikiran seorang filsuft terkenal yang bernama Immanuel kant (1724-1804). Berikut ini adalah ciri-ciri dari aliran kritisisme, yakni:
a. Menganggap bahwa obyek pengenalan itu berpusat pada subjek dan bukan pada objek.
b. Menegaskan keterbatasan kemampuan rasio manusia untuk mengetahui realitas atau hakikat sesuatu, karena rasio hanyalah mampu menjangkau gejalanya atau fenomenanya saja.
c. Menjelaskan bahwa pengenalan manusia atas semua sesuatu itu diperoleh atas perpaduan antara peranan unsure anaximenes priori yang berasal dari rasio serta berupa uang dan waktu dan peranan unsure aposteriori yang berasal dari pengalamn yang berupa materi.

4. Naturalisme
Naturalisme berasal dari 2 kata yakni “Natural” dan “Isme”. Natural yang berarti “Alami” dan Isme yang berarti “Paham”. Sehingga, aliran naturalisme dapat juga disebut sebagai Paham Alami. Maksudnya, bahwa setiap manusia yang terlahir ke bumi ini pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik, dan tak ada seorangpun terlahir dengan pembawaan yang buruk. Naturalisme merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu. Natura adalah dunia yang diungkapkan kepada kita oleh sains alam. Istilah naturalisme adalah kebalikan dari istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistik terhadap alam dengan adanya kekuatan yang ada (wujud) di atas atau di luar alam ( Harold H. Titus e.al. 1984).
Secara definitif naturalisme berasal dari kata “nature.” Kadang pendefinisian “nature” hanya dalam makna dunia material saja, sesuatu selain fisik secara otomatis menjadi “supranatural.” Tetapi dalam realita, alam terdiri dari alam material dan alam spiritual, masing-masing dengan hukumnya sendiri. Salah satu ciri yang paling menakjubkan dari alam semesta adalah keteraturan. Benak manusia sejak dulu menangkap keteraturan ini. Terbit dan tenggelamnya matahari, peredaran planet-planet dan susunan bintang-bintang yang bergeser teratur dari malam ke malam sejak pertama kali manusia menyadari keberadaannya di dalam alam semesta, hanya merupakan contoh-contoh sederhana. Ilmu pengetahuan itu sendiri hanya menjadi mungkin karena keteraturan tersebut yang kemudian dibahasakan lewat hukum-hukum matematika. Tugas ilmu pengetahuan umumnya dapat dikatakan sebagai menelaah, mengkaji, dan menghubungkan semua keteraturan yang teramati. Ilmu pengetahuan bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa. Namun khusus untuk kosmologi, pertanyaan ‘mengapa’ ini di titik tertentu mengalami kesulitan yang luar biasa.
Aliran filsafat naturalisme didukung oleh tiga aliran besar yaitu realisme, empirisme dan rasionalisme. Pada dasarnya, semua penganut naturalisme merupakan penganut realisme, tetapi tidak semua penganut realisme merupakan penganut naturalisme. Tokoh-tokoh yang menganut aliran naturalisme: Plato. (427 – 347 SM), Aristoteles (384 – 322 SM), William R. Dennes. (Filsuf Modern).

5. Dualisme
Dualisme adalah ajaran atau faham yang memandang alam ini terdiri atas dua macam hakikat yaitu hakikat materi dan hakikat rohani. Kedua macam hakikat itu masing-masing bebas berdiri sendiri, sama asasi dan abadi. Perhubungan antara keduanya itu menciptakan kehidupan dalam alam. Contoh yang paling jelas tentang adanya kerja sama kedua hakikat ini adalah terdapat dalam diri manusia. Tokoh-tokoh aliran ini antara lain adalah Plato, Aristoteles, Descartes, Fechner, Arnold Gealinex, Leukippos, Anaxagoros, Hc. Daugall, A. Schopenhauer.

6. Empirisme
Empirisme adalah aliran yang menjadikan pengalaman sebagai sumber pengetahuan. Aliran ini beranggapan bahwa pengetahuan diperoleh melalui pengalaman dengan cara observasi/pengindraan. Pengalaman merupakan faktor fundamental dalam pengetahuan, ia merupakan sumber dari pengetahuan manusia. Penganut empirisme mengatakan bahwa pengalaman tidak lain akibat suatu objek yang merangsang alat-alat indrawi, yang kemudian dipahami didalam otak, dan akibat dari rangsangan tersebut terbentuklah tanggapan-tanggapan mengenai objek yang telah merangsang alat-alat indrawi tersebut.
Namun demikian aliran-aliran ini banyak memiliki kelemahan yaitu: (1) indra sifatnya terbatas, (2) indra sering menipu, (3) objek juga menipu, seperti ilusi/fatamorgana, dan (4) indra dan sekaligus objeknya. Jadi, kelemahan empirisme ini karena keterbatasan indra manusia sehinga munculnya aliran rasionalisme. Tokoh-tokoh aliran ini antara lain Francis Bacon, Thomas Hobbes, John Locke, David Hume, George Berkeley, Herbert Spences, dan Rogen Bacon.

7. Rasionalisme
Rasionalisme adalah faham atau aliran yang berdasarkan rasio, ide-ide yang masuk akal. Selain itu, tidak ada sumber kebenaran yang hakiki. Sebagai aliran dalam filsafat yang mengutamakan rasio untuk memperoleh pengetahuan dari kebenaran, rasionalisme selalu berpendapat bahwa akal merupakan faktor fundamental dalam suatu pengetahuan. Dan menurut rasionalisme, pengalaman tidak mungkin dapat menguji kebenaran hukum “sebab-akibat”, karena peristiwa yang tak terhingga dalam kejadian alam ini tidak mungkin dapat diobservasi.
Rasionalisme tidak mengingkari kegunaan indra dalam memperoleh pengetahuan. Pengetahuan indra digunakan untuk merangsang akal dan memberikan bahan-bahan yang menyebabkan akal dapat bekerja. Akan tetapi, akal juga dapat menghasilkan pengetahuan yang tidak didasarkan bahan indra sama sekali. Jadi, akal dapat juga menghasilakn pengetahuan tentang objek yang betul-betul abstrak. Tokoh-tokoh aliran ini adalah Rene Rescartes, Nicholas Malerbranche, B. De Spinoza, G. W. Leibniz, Christian Wolff, dan Blaise Pascal.

8. Pragmatisme
Istilah Pragmatisme berasal dari kata yunani “pragma” yang berati perbuatan atau tindakan. “Isme” di sini artinya isme – isme yang lainnya, yaitu aliran atau ajaran atau paham. Dengan demikian, pragmatisme berarti ajaran yang menekankan bahwa pemikiran itu menuruti tindakan. Kriteria kebenarannya adalah “faedah” atau “manfaat”. Suatu teori atau hipotesis dianggap oleh pragmatisme benar apabila membawa suatu hasil.
Pada awal perkembangannya, pragmatisme lebih merupakan suatu usaha – usaha untuk menyatukan ilmu pengetahuan dan filsafat agar filsafat dapat menjadi ilmiah dan berguna bagi kehidupan praktis manusia. Pragmatisme telah membawa perubahan yang besar terhadap budaya Amerika dari lewat abad ke-19 hingga kini. Falsafah ini merupakan falsafah di antara idea tradisiaonal mengenai realitas dan model mengenai nihilsme dan tradisionalisme. Idea tradisonal telah mengatakan bumi ini  tetap dan manusia mengetahui hakiki mengenai bumi dan perkara – perkara nilai murni, sementara nihilisme dan irasionalisme adalah menolak semua dugaan dan ketentuan. Dalam usahanya untuk memecahkan masalah – masalah metafisik yang selalu menjadi pengunjingan berbagai filosofi itulah pragmatisme menemukan suatu metoda yang spesifik, yaitu dengan mencari konsekuensi praktis dari setiap konsep atau gagasan dan pendirian yang dianut masing – masing pihak. Dalam perkembangannya lebih lanjut, metode tersebut diterapkan dalam bidang kehidupan manusia. Karena pragmatisme adalah suatu filsafat tentang tindakan manusia maka setiap bidang kehidupan manusia menjadi bidang penerapan dari filsafat yang satu ini.
Namun filsafat ini akhirnya menjadi lebih terkenal sebagai suatu metode dalam mengambil keputusan melakukan tindakan tertentu atau yang menyangkut kebiijaksanaan tertentu. Lebih dari itu, karena filsafat ini merupakan filsafat yang khas Amerika, ia dikenal sebagaimana suatu model pengambilan keputusan, model  bertindak, dan model praktis Amerika. Bagi kaum pragmatis, untuk mengambil tindakan tertentu, ada dua hal penting. Pertama, ide atau keyakinan yang mendasari keputusan yang harus diambil untuk melakukan tindakan tertentu. Kedua, tujuan dari tindakan itu sendiri. Keduanya tidak dapat dipisahkan. Keduanya merupakan suatu paket tunggal dari metode bertindak yang pragmatis. Pertama – tama manusia memiliki ide atau keyakinan itu yang ingin direalisasikan. Untuk merealisasikan ide atau keyakinan itu, manusia mengambil keputusan yang berisi : akan dilakukan tindakan tertentu sebagai realisasi ide atau keyakinan tadi.
Dalam hal ini, pragmatisme tidak lain adalah suatu metode untuk menentukan konsekuensi praktis dari suatu ide atau tindakan. Karena itulah, pragmatisme diartikan sebagai suatu filsafat tenatang tindakan. Itu berarti bahwa pragmatisme bukan merupakan suatu sistem filosofis yang siap pakai yang sekaligus memeberikan jawaban terakhir atas masalah – masalah filosofis. Pragmatisme hanya berusaha menentukan konsekuensi praktis dari masalah – masalah itu, bukan memeberikan jawaban final atas masalah – masalah itu.
Aliran pragmatisme ini beranggapan bahwa segala kebenaran ialah apa yang membuktikan dirinya sebagai yang benar dengan memperhatikan kegunaanya secara praktis. Tokoh aliran ini adalah William James. Ia termasuk tokoh sangat berpengaruh dari Amerika Serikat. Tokoh lainnya adalah John Dewey, Charles Sanders Pierce dan F.C.S Schiller.

C. Memasuki Alam Filsafat

1. Manusia dan Hasrat Ingin Tahu
Perbedaan pengetahuan manusia dengan pengetahuan binatang atau makhluk lainnya. Jika, pada makhluk selain manusia pengetahuannya bersifat statis, dari masa ke masa tetap begitu saja. Sejak zaman  purba sampai sekarang, burung atau lebah dalam membuat rumah atau sarang tidak mengalami perubahan, seperti yang kita lihat saat ini. Tetapi pengetahuan yang dimiliki manusia bersifat dinamis, terus berkembang dari zaman ke zaman, karena manusia mempunyai kemampuan mencerna pengalaman, merenung, merefleksi, manalar, dan meneliti dalam upaya memahami lingkungannya. Dalam praktiknya kegiatan ini sering tumpang tindih, seperti terlihat ketika kita berusaha memecahkan masalah yang kompleks.
Kemampuan – kemampuan tersebut dimiliki manusia disebabkan manusia dibekali oleh Tuhan berupak akal atau rasio untuk berpikir, semmentara makhluk lainnya tidak. Manusia berpikir dengan akalnya. Akal memag salah satu keistimewaan yang dianugerahkan Allah kepada Manusia. Dengan akalnya manusia mempunyai rasa ingin tahu (curiosity). Dari rasa ingin tahu inilah manusia selalu mempertanyakan segala hal yang dipikirkannya, menyangsikan segala sesuatu yang dilihat, dan mencari segala bentuk jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Manusia selalu berusaha menjawab semua pertanyaan dan mengajukan alternatif pemecahan suatu masalah. Aktivitas manusia dalam rangka mencari jawab atau mencari tahu ini disebut aktivitas berpikir. Aktivitas ini dilakukan manusia secara terus – menerus tanpa mengenal henti untuk memenuhi rasa ingin tahunya.
Kalau dengan akalnya manusia berpikir, maka dengan anugerah Allah yang lain : hati, manusia merasa dan menghayati. Dengan akalnya manusia berpikir dan dengan hatinya manusia berdzikir. Ulil Albab yang disebutkan dalam surat Ali Imran [3]: 190-194, yang dapat melihat dan mengambil pelajaran, dari ayat- ayat kauniahNya, adalah mereka yang senantiasa memfungsikan akal dan hatinya, berpikir dan berdzikir.
Menurut Francis Bacon, seorang filsuf renaisance, akal manusia mempunyai tiga macam daya, yaitu : (1) ingatan, (2) imajinasi, dan (3) pikiran. Daya ingatan menciptakan sejarah, daya imajinasi menciptkan puisi, dan daya berpikir menghasilkan filsafat. Filsafat terdiri atas tiga bagian, yaitu (1) filsafat tentang Tuhan atau teologi, (2) filsafat tentang alam atau kosmologi, dan (3) filsafat tentang manusia atau antropologi.
Berpikir adalah ciri khas manusia. Makhluk – makhluk lain tidak mempunyai kemampuan berpikir. Kemampuan inilah yang membedakan manusia dengan makhluk – makhluk lain. Selain ciri utama sebagai makhluk berpikir (kognisi), manusia juga masih mempunyai potensi lain, yaitu perasaan (afeksi), kehendak (konasi), dan tindakan (aksi); atau sering disebut dengan daya cipta, rasa, karsa, dan karya. Dengan potensi – potensi tersebut manusia mampu menciptakan, mengelola, dan mengubah lingkungan sekitarnya ke arah yang lebih baik. Karena itu, dengan semua potensi yang dimilikinya, Tuhan memilih manusia sebagai wakil-Nya di muka bumi (khalifatullah fi al-ardh).
Dengan beragam potensi itulah manusia mempertanyakan, meragukan, dan menjawabnya. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan menyangkut makna dan kedudukan Tuhan, manusia, dan alam semesta. Manusia tidak merasa puas hanya memperoleh jawaban yang berasal dari adat – istiadat, tradisi, dongeng-dongeng, mitos – mitos, dan legenda – legenda. Karena jawaban yang disediakan oleh tradisi, mitos, dan legenda itu tidak sesuai dengan aturan berpikir atau bertenturan dengan akal sehat / rasio manusia.
Lahirnya filsafat dan ilmu pengetahuan bermula dari aktivitas berpikir. Karena itu inti berfilsafat adalah berpikir. Namun, tidak semua aktivitas berpikir dapat disebut berfilsafat. Berpikir yang dapat disebut berfilsafat adalah berpikir yang radikal, sistematis, dan universal. Berfilsafat adalah berpikir yang bertujuan. Tujuannya adalah memperoleh pengetahuan, yakni pengetahuan yang menyangkut kebenaran. Sehingga dengan berfilsafat manusia dapat sampai kepada kebenaran.
Filsafat adalah proses berpikir secara radikal, sistematik, dan universal tehadap segala yang ada dan yang mungkin ada. Dengan kata lain, berfilsafat berarti berpikir secara radikal (mendasar, mendalam, sampai ke akar-akarnya), sistematik ( teratur, runtut, logis, dan tidak serampangan) untuk mencapai kebenaran universal ( umum, terintegral, dan tidak khusu serta tidak parsial).
Dapat dipahami bahwa filsafat bertalian dengan kegiatan pemikiran atau berpikir yang dilakukan oleh manusia. Sasaran pemikiran diarahkan pada segala sesuatu yang ada keseluruhan. Dengan ciri yang menyeluruh dari pandangan filsafat inilah, filsafat berusaha mengatasi spesialisasi setiap ilmu. Kalau ditinjau dari segi sejarahnya ilmu-ilmu khusus itu memang berasal dari filsafat.
Secara histiris, semua ilmu pengetahuan yang dikenal dewasa ini, pernah menjadi bagian dari filsafat yang dianggap sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan ( mater scientiarum), dan filsafat pada waktu itu mencangkup pula segala usaha pemikiran mengenai masyarakat. Lama-kelamaan, dengan perkembangan zaman dan tumbuhnya peradaban manusia, pelbagai ilmu pengetahuan- yang semua tergabung dalam filsafat – memisahkan diri dan mengejar tujuan masing – masing. Astronomi ( ilmu perbintangan ) dan fisika (ilmu alam) merupakan cabang-cabang filsafat yang memisahkan diri yang kemudian diikuti oleh ilmu kimia, biologi, dan geologi. 
Meskipun dalam perkembangannya setiap ilmu memisahkan diri dari filsafat, ini tidak berarti antara ilmu-ilmu khusus dengan filsafat tidak ada hubungannya sama sekali. Tetap masih ada ciri khusus dan batas-batas yang tegas yang dimiliki setiap ilmu. Dengan kata lain, di antara masing-masing ilmu itu tidak ada yang menghubungkan. Di sinilah filsafat berusaha menyatupadukan masing-masing ilmu terpecah belah itu. Dalam hal ini, Harold H. Titus menggambarkan: sesungguhnya ahli-ahli filsafat itu seperti seorang dokter, ia mendiagnosis penyakit atau menunjukan persoalan. Sebagai contoh, satu dari masalah besar di dunia pendidikan saat ini adalah kurangnya kesatuan ( integralistik) dalam pengalaman pendidikan. Yang diterima oleh seorang mahasiswa adalah serangkaian penyajian dalam bidang spesialisasi yang tak ada hubungannya antara satu dengan lainnya. Satu program pendidikan berisi 90 menit Ilmu Pendidikan, kemudian 90 menit mata kuliah Filsafat, dan pelajaran terakhir adalah Bahasa Inggris. Penyajian mata kuliah sepotong-potong ini menggambarkan fragmentasi umum dari pengalaman manusia yang menandai manusia modern. Tugas ahli filsafat adalah mengatasi spesialisasi dan memformulasikan suatu pandangan hidup yang didasarkan atas pengalaman kemanusian yang luas.
Ada interaksi atau kesalinghubungan antara ilmu dengan filsafat. Banyak persoalan filsafat yang memerlukan lanjutan dasar pada pengetahuan ilmiah apabila pembahasannya tidak ingin dangkal dan keliru. Demikian pula ilmu dewasa ini dapat menyediakan bagi filsafat sejumlah besar bahan-bahan yang berupa fakta-fakta yang sangat penting bagi perkembangan gagasan-gagasan filsafati yang tepat sehingga sejalan dengan pengetahuan ilmiah.
Filsafat bertujuan untuk mengatur hasil-hasil dari berbagai ilmu-ilmu khusus ke dalam suatu pandangan hidup dan dunia yang tersatupadukan, komprehensif (menyeluruh) dan konsisten (runtut). Secara komprehensif artinya tidak ada sesuatu hal yang berada di luar jangkauan filsafat. Secara konsisten artinya tidak menyusun pendapat-pendapat yang salaing berlawanan atau kontradiksi. Sebagai contoh, fisika berdasarkan pada prinsip bahwa benda terikat pada kaidah-kaidah mekanis (kaidah sebab-akibat), tetapi dalam biologi ditemukan bahwa organisme (makhluk hidup) yang lebih tinggi tidak hanya mesin-mesin dan menunjukkan adanya perbuatannya yang mengrah pada suatu tujuan. Masalah mekanisme (proses sebab akibat) melawan teknologi (proses ke arah suatu tujuan ini telah ditangani oleh para filsuf yang mencari pandangan yang tersatupadukan dan komprehensif dalam menjelaskan gejala-gejala.

D. Agama

Agama merupakan salah satu aspek yang terpenting dalam kehidupan manusia dikarenakan, agama mempunyai pengaruh besar bagi kehidupan manusia. Manusia memerlukan agama sebagai pegangan(pedoman) hidup dan penenang jiwa. Manusia menganut agama berdasarkan keyakinan dan kepercayaan masing-masing.
Ditinjau dari sumbernya agama-agama yang dikenal manusia terdiri atas dua jenis agama yaitu :
1. Agama Samawi
Agama samawi atauu wahyu disebut juga (agama langit) yang artinyaagama yang diterima oleh manusia dari allah sang pencipta melalui malaikat Jibril dan disampaikan serta disebarkan oleh rasul-nya kepada umat manusia. Contoh Agama Samawi adalah : Islam, Kristen, dan Nasrani.
Ciri-Ciri Agama Samawi yaitu : 
a. Agamanya tumbuh secara kelahiran dapat ditentukan dari tidak ada menjadi ada.
b. Agama ini mempunyai kitab suci yang otentik (ajarannya bertahan/asli dari tuhan) 
c. Secara pasti dapat ditentukan lahirnya,dan bukan tumbuh dari masyarakat,melainkan diturunkan kepada    masyarakat. 
d. Disampaikan oleh manusia yang dipilih allah sebagai utusan-nya. 
e. Ajarannya serba tetap,walaupun tafsirnya dapat berubah sesuai dengan kecerdasan dan kepekaan manusia. 
f. Konsep ketuhanannya monotheisme mutlak (tauhid). 
g. Kebenarannya adalah universal yaitu berlaku bagi setiap manusia,masa dan keadaan.
2. Agama Ardhi
Agama Ardhi adalah agama yang berkembang berdasarkan budaya, daerah, pemikiran seseorang yang kemudian diterima secara global. Serta tidak memiliki kitab suci dan bukan berlandaskan wahyu.Contoh agama ardhi dan agama bumi yaitu HinduBudha dan Konghuchu.
Ciri-ciri Agama Ardhi ,yaitu :
a. Agama diciptakan oleh tokoh agama
b. Tidak memiliki nabi sebagai penjelas agama ardhi/Tidak disampaikan oleh utusan tuhan (rasul)
c. Berasal dari daerah dan kepercayaan masyarakat
d. Ajarannya dapat berubah-ubah sesuai dengan perubahan akal pikiran penganutnya. 
e. Konsep ketuhanannya panthaisme, dinamisme, dan animisme. 
f. Tumbuh secara komulatif dalam masyarakat penganutnya. 
g. Kebenaran ajarannya tidak universal,yaitu tidak berlaku bagi setiap manusia,masa dan keadaan.


BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Pengetahuan adalah pelbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Sumber pengetahuan terdiri dari empirisme (indera), rasionalisme (akal), intuisionisme (intuisi), dan wahyu.    
Aliran-Aliran Filsafat dalam Berbicara tentang Pengetahuan yaitu yang disebutkan adalah Ideliasme, positivisme, kristisisme, naturalisme, dualisme, empirisme, rasionalisme dan Pragmatisme.
Agama merupakan salah satu aspek yang terpenting dalam kehidupan manusia dikarenakan, agama mempunyai pengaruh besar bagi kehidupan manusia. Manusia memerlukan agama sebagai pegangan(pedoman) hidup dan penenang jiwa. Manusia menganut agama berdasarkan keyakinan dan kepercayaan masing-masing. Ditinjau dari sumbernya agama-agama yang dikenal manusia terdiri atas dua jenis agama yaitu agama samawi dan agama ardhi.


DAFTAR PUSTAKA

Bakhtiar, A. (2009). Filsafat Ilmu. Jakarta: Rajawali Perss.
Harkam. (2013, Januari 11). ALIRAN-ALIRAN FILSAFAT: “Idealisme, Materialisme, Eksistensialisme, Monisme, Dualisme, Dan Pluralisme. Dipetik Oktober 2, 2016, dari https://harkaman01.wordpress.com/2013/01/11/aliran-aliran-filsafat-idealisme-materialisme-eksistensialisme-monisme-dualisme-dan-pluralisme/
Jujun Suryasumantri. (1999). Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Maksum, A. (2008). Pengantar Filsafat. Malang: AR-RUZZMEDIA.
Rahmadhana, A. (2013, Juni). Positivisme. Dipetik Oktober 2, 2016, dari http://dhanalana11.blogspot.co.id/2013/06/ positivisme.html 
Suroso, A. I. (2010). Asal-Usul Pengetahuan dan Hakekat Pengetahuan. Bogor: IPB.
Suryadi., A. (2012, November). Makalah Filsafat Umum Kritisism. Dipetik Oktober 2, 2016, dari http://ahmad-scr.blogspot.co.id/2012/11/makalah-tentang-filsafat-naturalisme.html

1 komentar: